Oleh Rihad pada hari Selasa, 28 Jul 2020 - 21:20:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Apakah Makanan Bisa Menularkan COVID-19?

tscom_news_photo_1595944875.jpg
Aneka Makanan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kadang kita makan di restoran atau di rumah orang saat berkunjung. Pada masa pandemi sekarang ini tentu kita was-was, apakah COVID-19 bisa menular lewat makanan?

Inilah jawaban pakar atas kekhawatiran tentang kemungkinan makanan menularkan virus. Ahli Gizi Dominikus Raditya Atmaka S.Gz., M.P.H., menyampaikan, makanan tidak bisa menjadi media pertumbuhan virus Covid-19. Tapi virus yang menempel di makanan bisa terbawa hingga masuk ke tubuh manusia. “Covid-19 bisa menempel di makanan, kemasan makanan, atau alat makan jika terpapar dengan cairan dari orang yang terinfeksi. Jadi, tetap bisa menjadi media transfer virus walaupun virus tidak bisa tumbuh di makanan,” ungkap Dominikus, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair).

Ia menjelaskan, virus corona akan mudah masuk ke tubuh jika seseorang memegang benda yang terkontaminasi, lalu menyentuh area mulut, hidung, atau mata. Jika makanan terpapar cairan dari seseorang yang terinfeksi virus, maka bisa terjadi penularan. Hal itu juga berlaku terhadap penggunaan alat masak dan alat makan bersamaan dengan orang yang terinfeksi Covid-19 sehingga, besar kemungkinan virus corona akan dapat menular ke orang lain.

Untuk mencegah kemungkinan penularan Covid -19 kita harus menjaga kebersihan diri saat mempersiapkan atau mengolah makanan. Apabila memiliki gejala Covid-19, maka sebaiknya tidak mengolah makanan untuk orang lain.

Selalu cuci tangan berkala sebelum, selama, dan sesudah memegang bahan makanan. Dominikus juga mengingatkan agar tidak terlalu sering mengonsumsi sayur mentah atau daging setengah matang. “Untuk menghindari virus corona bertahan hidup di makanan, maka kita harus memastikan makanan matang sempurna,” tambah Dominikus.

Jangan lupa menutupi mulut dan hidung selama memasak. Serta, tidak bersin atau batuk di dekat makanan. Sebab, virus corona bisa melayang di udara dan menempel pada makanan.

"Wajib mencuci bersih semua alat makan sebelum menyentuh makanan. Selain itu, Dominikus mengatakan, sebaiknya membawa dan menggunakan alat makan pribadi ketika makan," jelas Dominikus.

“Karena kita tidak tahu apakah orang lain menggunakan alat yang sama sebelumnya itu sehat atau sudah terpapar virus corona,” sambungnya.

Jika terpaksa membeli makanan dari pedagang, Dominikus berpesan, untuk selalu memastikan makanan matang, bersih, dan bergizi. Lalu, sebisa mungkin hindari kontak dengan pengantar makanan.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Ragam

Bawang Putih Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Rahasia Umur Panjang

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 01 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Bawang putih  dengan nama ilmiah Allium sativum bermanfaat baik untuk kesehatan kita. Warga negara Pennsylvania, bernama Virginia usia 89 tahun, mengaku gemar makan ...
Ragam

Kesenian, Senjata Kuat Bumikan Pancasila

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Membumikan Pancasila Melalui Seni dan Budaya menjadi topik diskusi dalam seminar web yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tepatnya di ...