Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 29 Jul 2020 - 14:54:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Gibran Berpeluang Lawan Kotak Kosong, Refly Sebut Permasalahan Ada Di Threshold

tscom_news_photo_1596007358.jpg
Refly Harun (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan kalau threshold atau ambang batas mempunyai dampak buruk pada gelaran pilkada maupun pilpres.

Pasalnya, dengan adanya threshold mengakibatkan kompetisi di ajang pesta demokrasi itu hanya menghadirkan calon tunggal.

Seperti di Pilkada Solo 2020 nanti, dimana besar kemungkinan besar putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan maju tanpa lawan.

Refly menyebut hal tersebut lantaran salah satu dampak buruk dari threshold yang menyebabkan partai lain tidak memiliki cukup kuota kursi untuk menghadirkan sang penantang.

"Iya memang (kemungkinan Gibran tanpa lawan), memang itu lah yang jadi masalah threshold di pilkada. Saya mengatakan threshold itu baik di pilkada maupun di pilpres itu punya dampak buruk," kata Refly melalui pesan singkatnya, pada Rabu (29/07/2020).

Refly menuturkan salah satu dampak diantaranya akan menyeruak praktik jual beli perahu. Di mana, akan ada semacam upeti dari calon ke partai politik (parpol).

Selanjutnya, tokoh yang mempunyai kompetensi dan potensi dirasa akan sia-sia jika tidak mendapatkan perahu untuk mencalonkan baik sebagai kepala daerah maupun kepala negara.

"Ketiga, kemungkinan bisa calon tunggal. Kalau calon tunggal namanya bukan kompetisi dong, ngapain kita pemilihan. Itu dampak buruk daripada threshold itu," pungkasnya.

tag: #refly-harun  #ambang-batas-parlemen  #gibran-rakabuming  #pilkada-2020  #solo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...