Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 04 Agu 2020 - 12:15:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Akibat Pandemi Corona, Pengamat Sebut Indonesia Dibayangi Ancaman Stunting

tscom_news_photo_1596517810.jpg
Pengamat Politik Gde Siriana Yusuf (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebelum merebaknya wabah Covid 19, UNICEF menyebut lebih dari 7 juta anak di bawah usia lima tahun mengalami stunting di Indonesia.

UNICEF memperkirakan jumlah anak yang mengalami kekurangan gizi akut di bawah lima tahun bisa meningkat 15% secara global pada tahun ini jika tidak ada tindakan.

Sementara berdasarkan hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia tahun 2019 disebutkan bahwa 27,67% anak Indonesia mengalami stunting per 9 juli 2020.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Gde Siriana Yusuf mengatakan ancaman tersebut berpotensi membuat zatu generasi mengalami kekurangan gizi di usia perkembangannya.

"Tentu ancaman stunting ini akan sangat mempengaruhi kualitas generasi di masa depan," kata Gde saat dihubungi, Selasa (04/08/2020).

Gde menuturkan kalau dampak pandemi Covid 19 di Indonesia menyebabkan para orangtua kehilangan pekerjaan dan penghasilannya dan akan mempengaruhi kualitas hidup.

"Jadi kebiasaan baru bukan saja soal protocol Covid19 dengan jaga jarak, masker dan cuci tangan. Kebiasaan baru di setiap rumah juga mengurangi porsi makan dan uang saku anak," tuturnya.

Hal tersebut, kata Gde berarti akan terjadi peluang penurunan kualitas dan kecukupan gizi pada anak anak di banyak keluarga Indonesia.

"Fakta observasi saya menunjukkan bahwa kaum perempuan mendapatkan beban paling berat dari pademi corona," ujarnya.

Menutup keteranganya, Gde menilai kalau para Ibu hamil kalangan menengah bawah terpaksa mengurangi gizi mereka demi kecukupan gizi anak-anaknya.

"Belum lagi beban pekerjaan rumah tangga yang harus dihandle sendiri oleh para ibu karena tidak bisa lg membayar ART," pungkasnya.

tag: #corona  #gizi-buruk  #stunting  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Politikus Demokrat: Saya Tidak Menyerang MAKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 24 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Demokrat (PD) menyoroti kasus yang melibatkan Djoko Tjandra. Partai Demokrat menganggap serangan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) kepada Jaksa Agung dalam ...
Berita

Ini Daftar Asuransi Tersehat di Teropong Insurance Award 2020

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Media Teropong Senayan menggelar Teropong Insurance Award (TIA) 2020 hari ini, Kamis (24/9/2019) secara virtual melalui aplikasi Zoom. Ajang ini merupakan bentuk ...