Oleh Alfin Pulungan pada hari Minggu, 16 Agu 2020 - 17:35:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Naskah Proklamasi Tulisan Tangan Soekarno Akan Ditampilkan di Upacara HUT RI Besok

tscom_news_photo_1597565842.jpg
Ilustrasi teks proklamasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Naskah asli teks proklamasi yang ditulis langsung oleh proklamator Indonesia sekaligus Presiden RI pertama, Soekarno, akan ditampilkan dalam upacara peringatan HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Senin (17/9/2020) besok.

Saat upacara berlangsung, arsip kuno ini rencananya akan diletakkan di mimbar kehormatan, yang terletak di halaman Istana Merdeka.

Penyerahan dokumen dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Sekretariat Presiden dilakukan di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020) hari ini.

"ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden, untuk bersama-sama besok kita tampilkan di mimbar kehormatan," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, melalui keterangan tertulis, Minggu (16/8).

Naskah yang sebelumnya disimpan di depot penyimpanan arsip statis ANRI selanjutnya akan dibawa menuju Istana oleh Sekretariat Presiden. Nantinya, setelah upacara berlangsung, dokumen akan dikembalikan kepada ANRI.

“Insya Allah tanggal 18 Agustus akan kami serahkan kembali untuk mendapatkan perawatan terbaik di ANRI,” kata Rika.

Gedung ANRI


Rika berharap masyarakat bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda.

Sebagai informasi, dari catatan sejarah, dokumen tersebut diselamatkan dan disimpan oleh tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, B.M. Diah. Naskah yang disimpan itu kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua RI Soeharto, yang meneruskannya kepada Menteri Sekretaris Negara periode 1988-1998, Moerdiono.

ANRI kemudian menyimpan naskah tersebut sejak diterima dari Moerdiono di tahun 1992.

tag: #proklamasi  #soekarno  #hut-ri  #anri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement