Berita
Oleh Ilyas pada hari Selasa, 02 Jun 2015 - 16:47:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Wah, Ahok 'Nekat' Lelang Terminal Rawamangun

80ahok-indra.jpg
Basuki Tjahaja Purnama (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan melelang pengelolaan Terminal Rawamangun, Jakarta Timur kepada swasta. Pasalnya, terminal yang baru saja direhab itu bermasalah.

Bus tidak bisa masuk ke dalam terminal akibat jalan yang sempit. Proses pembongkaran tengah dilelang oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta.

Basuki mengatakan, pihaknya sedang melakukan lelang untuk pembongkaran dan pengelolaan terminal tersebut. Sehinga Terminal Rawamangun ini menjadi terminal pertama yang akan dikelola oleh swasta.

"Terminal Rawamangun kami sudah siapkan lelang, kami mau lelang ke swasta saja untuk kelola," kata Basuki, Selasa (2/6/2015).

Bagian terminal yang akan dibongkar adalah kantor Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur. Sebab kantor tersebut berada persis di samping jalur masuk Terminal Rawamangun. Keberadaan kantor itu disebut-sebut menjadi penyebab jalur masuk ke dalam terminal dibuat berbelok. Hal inilah yang membuat Basuki sempat geram.

"Nanti sudah lelang swasta yang menang, swasta yang bikin saja," ujarnya, dikutip laman resmi DKI. Pembongkaran terminal diperkirakan akan dilakukan pertengahan Juni 2015 mendatang.

Rencana pengelolaan terminal oleh swasta ini sudah diwacanakan sejak lama. Dengan pengelolaan yang profesional, diharapkan potensi pemasukan terminal bisa dioptimalkan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya selama ini, masih banyak potensi pemasukan dari terminal belum dikelola secara modern dan profesional. Akibatnya, banyak kebocoran dalam penerimaan retribusi. Untuk meminimalisir celah kebocoran tersebut sudah selayaknya terminal harus diswastakan.

Di Jakarta, terdapat sebanyak 23 terminal yang tersebar di lima wilayah. Setiap tahunnya PAD yang disetorkan sebesar Rp 3 miliar. Ke depan, pihak ketiga akan mengelola mulai dari sektor bisnis, pemeliharaan, pengelolaan kebersihan, termasuk keamanan kawasan terminal. (iy)

tag: #basuki tjahaja purnama  #ahok  #terminal rawamangun  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...