Oleh Rihad pada hari Sabtu, 29 Agu 2020 - 18:59:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Prabowo: Virus Bisa Hancurkan Tentara Sebelum Peluru Meletus

tscom_news_photo_1598702339.jpg
Prabowo Subianto (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengingatkan ancaman virus dapat menjadi senjata untuk menghancurkan negara. Dalam Upacara Pembukaan Pendidikan Mahasiswa Universitas Pertahanan, Prabowo Subianto mengatakan ancaman terhadap bangsa di mata datang sudah terlihat sekarang dengan adanya wabah COVID-19. "Virus dapat menjadi senjata untuk menghancurkan peradaban manusia, untuk menghancurkan negara-negara. Virus dapat merusak pangan kita, virus dapat menghancurkan masyarakat atau tentara sebelum satu peluru pun meletus," ujar Prabowo, Sabtu (29/8).

Dari pengalaman yang dialami dunia sekarang, ucap dia, pandemi COVID-19 berhasil memperlambat kehidupan peradaban manusia di seluruh dunia dan mengancam kesejahteraan seluruh bangsa, tidak terkecuali Indonesia. Untuk menghadapi ancaman virus, ia mengingatkan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran dan farmasi. "Perang yang akan datang bisa saja menggunakan senjata-senjata baru yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia," tutur Prabowo.

Penguasaan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dikatakannya akan membantu bangsa mandiri dan tidak tergantung kepada negara-negara lain. Secara spesifik di lingkungan pertahanan, khususnya TNI, ia merasa perlu untuk mencetak kader yang terbaik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk itu, Prabowo menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencanangkan program-program untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang andal. Khususnya, SDM yang dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dia juga menaruh harapan kepada mahasiswa Universitas Pertahanan dapat membuat inovasi baru dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua hal itu merupakan aspek penting untuk membagun dan memajukan Indonesia.

"Tidak mungkin pembangunan suatu bangsa dilaksanakan tanpa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, ilmu pengetahuan adalah kunci daripada kesejahteraan manusia," kata Prabowo.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo menyebut ada sekitar 300 mahasiswa yang diterima di Unhan dari pilihan ribu orang yang mendaftar. Untuk mahasiswa terpilih, Prabowo berpesan untuk tidak besar kepala.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemuda dan pemudi yang berhasil diseleksi. Dari sekian puluh ribu pemuda-pemudi terbaik, kalian dipilih 300 orang. Artinya kalian adalah pilihan dari pilihan. Jangan hal ini membuat kalian besar kepala, justru kalian harus merasa tanggung jawab yang lebih. Kalian adalah harapan bukan saja orang tuamu, kalian harapan seluruh bangsa," papar Prabowo.

tag: #covid-19  #tni  #prabowo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement