Oleh Alfin Pulungan pada hari Selasa, 01 Sep 2020 - 11:37:31 WIB
Bagikan Berita ini :

HUT DPR RI ke-75, Puan Ajak Anggota DPR Tunjukkan Kehadiran Negara Bagi Rakyat

tscom_news_photo_1598935001.jpg
Ketua DPR Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh anggota lembaga legislatif menunjukkan kehadiran negara bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini disampaikan Puan dalam pidato laporan kinerja DPR RI tahun sidang 2019-2020 pada Rapat Paripurna DPR RI dalam rangka ulang tahun ke-75 DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

"DPR RI telah 75 tahun menjalankan tugas konstitusionalnya. Saat ini menjadi panggilan sejarah bagi kita semua, anggota DPR RI periode 2019-2024, untuk ikut mengambil peran dan tanggung jawab dalam menghadirkan negara yang mensejahterakan rakyat Indonesia, memajukan Indonesia, dan mempersatukan Indonesia," kata Puan.

"Dalam rentang usia tersebut, DPR telah melalui perjalanan panjang dengan 18 periode pemerintahan. Transformasi DPR meruupakan upaya kita, bangsa Indonesia, untuk membangun demokrasi berkeadaban yang berlandaskan Pancasila," sambungnya.

Dalam peringatan ulang tahun bertema "DPR Bersama Rakyat Menuju Indonesia Maju" itu, Puan mengajak anggota parlemen menjadikan momentum tersebut untuk mengkonsolidasikan kekuatan nasional agar bersama-sama menghadapi tantangan global.

"Tema tersebut merupakan tekad dan komitmen kita bersama dalam menjalankan fungsi, wewenang, dan tugas DPR RI yang akan diarahkan untuk mempercepat Indonesia yang lebih maju dan unggul di berbagai bidang," kata Puan.

Puan mengatakan bahwa kemajuan yang dicapai bangsa Indonesia sejauh ini juga menghadirkan tantangan baru, baik tantangan internal maupun eksternal.

Mengenai tantangan internal, politikus PDIP ini menjelaskan hal itu bisa hadir dalam rupa permasalahan kualitas SDM, kesejahteraan rakyat, pemanfaatan bonus demografi, hingga kedaulatan pangan dan penegakan hukum.

Adapun tantangan eksternal tak lepas dari kian terkoneksinya seluruh masyarakat secara global.

"Kita menghadapi tantangan globalisasi budaya, informasi tak terkendali atau hoaks, tergerusnya nilai-nilai luhur agama, nilai luhur budaya, persaingan perekonomian global yang semakin tajam, tatanan perekonomian global yang eksploitatif serta tantangan lainnya," jelasnya.

Menghadapi tantangan dalam membangun Indonesia tersebut, lanjut Puan, diperlukan kekuatan nasional yang harus dibangun bersama melalui kerja bersama. "Seluruh komponen bangsa dan seluruh anak bangsa bergotong-royong dengan satu derap langkah yang sama dalam mengkonsolidasikan seluruh potensi dan sumber daya yang kita miliki," kata Puan.

tag: #dpr  #puan-maharani  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement