Oleh Rihad pada hari Sabtu, 12 Sep 2020 - 10:44:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Tanda Sesak Napas Akibat Covid-19

tscom_news_photo_1599882255.png
Ilustrasi sesak napas (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Para pasien Covid-19, pada prinsipnya akan mengalami kekurangan oksigen akibat paru-paru terganggu. Akibat kekurangan oksigen di darah terjadi gejala happy hypoxia. Dikutip dari Medical News Today, happy hypoxia adalah penurunan kadar oksigen dalam darah.

Ketika kadar oksigen darah mulai berkurang, seseorang mungkin mengalami sesak napas, yang juga disebut dispnea. Jika kadar oksigen dalam darah terus menurun, organ-organ mungkin mati dan mengancam nyawa.

Kasus yang parah bisa mengurangi jumlah oksigen yang bisa diserap paru-paru. Tingkat oksigen darah ditemukan sangat rendah pada beberapa pasien Covid-19.

Happy hypoxia ditandai dengan peningkatan laju pernapasan. Penggunaan otot leher atau interkostal saat bernapas merupakan indikasi gangguan pernapasan. Ketika nafas, terdengar bising.

Pasien juga akan mengalami penurunan tingkat saturasi oksigen, di mana tingkat saturasi oksigen harus antara 92% dan 98% untuk orang dewasa tanpa penyakit pernapasan. Lebih rendah dari 92% dianggap hipoksia.

Lubang hidung melebar atau mengerucutkan bibir, yang mungkin menandakan perlunya oksigen tambahan. Perubahan warna kulit menjadi kebiruan atau abu-abu merupakan tanda akhir hypoxia. Selain itu, pasien dengan gangguan pernapasan akan duduk atau membungkuk dengan mengistirahatkan lengan di atas kaki untuk meningkatkan ekspansi paru.

Bahkan pasien yang mengalami hypoxia mungkin tidak dapat berbaring di tempat tidur.

Pasien dengan gangguan pernapasan mungkin tidak dapat berbicara dalam kalimat lengkap, atau mungkin perlu mengatur napas di antara kalimat.

Ini menjadi serius jika tidak ditangani secara cepat dan benar. Dengan kesulitan napas, orang akan cenderung menjadi gelisah dan cemas juga.


tag: #covid-19  #gejala-covid  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...