Oleh Alfin Pulungan pada hari Senin, 05 Okt 2020 - 23:08:33 WIB
Bagikan Berita ini :

BPIP: Masyarakat Butuh Tokoh yang Bisa Jadi Role Model Pengamalan Pancasila

tscom_news_photo_1601914097.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Indonesia Merayakan Perbedaan (IMP) menggelar diskusi online dengan tema "Memperkuat Kasaktian Pancasila" pada Senin (5/10/12). Diskusi ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengatakan tantangan saat ini adalah menjadikan Pancasila sebagai gugus insting bagi masyarakat.

Adapun gugus insting yang dimaksud Benny adalah membiasakan kehidupan sehari-hari dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Dengan begitu, Pancasila akan terefleksi dalam batin sehingga melekat dan menjadi pegangan.

"Tantangan kita itu menjadikan Pancasila sebagai gugus insting dalam bertingkah, berperilaku, bernalar, dan berelasi," kata Benny.

Antonius Benny Susetyo


Sila pertama tentang Ketuhanan yang Maha Esa, misalnya, menurut Benny jika nilai ini sudah terefleksi dalam batin maka seseorang akan terdorong memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Apalagi, lanjut Benny, jika hal ini menjadi roh dalam kebijakan publik, maka bangsa ini akan menemukan kembali tokoh dalam perjuangan.

Untuk itu, Benny mengajak masyarakat membatinkan Pancasila dalam praksis kehidupan sehari-hari, baik dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat di lingkungan sekitar.

"Bermacam-macam cara seperti melalui dongeng dan permainan sekarang mulai pudar. Pendidikan nilai harus diutamakan sehingga mau dan sadar yang menjadi gugus insting. Pancasila harus dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya sekedar hafalan. Harus menjadi habitus," tegas Benny.

Meski begitu, Benny menekankan saat masyarakat tetap membutuhkan teladan, khususnya dalam pengamalan nilai Pancasila. Benny mengatakan masyarakat khususnya, anak- anak merindukan sosok teladan pejuang Pancasila.

"Di ruang publik kita mengalami krisis sosok teladan atau role model. Seharusnya setiap sila terlihat dalam setiap tindakan dan ada role modelnya," katanya.

Untuk menunjang pengarusutamaan Pancasila, Benny mengatakan ruang publik harus diisi dengan konten positif yang memberikan contoh tentang penanaman dan pengamalan nilai Pancasila.

Tantangan lain diungkapkan Benny saat ini yaitu bagaimana memasukan nilai Pancasila ke dalam hal-hal kekinian dan model pembinaan yang aplikatif dengan sistem digital.

Sementara itu, Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Abdul Latif Bustami, menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara sudah final dan mengikat dan seyogyanya tidak ada lagi perdebatan.

Ia pun mendorong Pancasila yang tertulis itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Abdul juga mengakui bahwa nilai Pancasila mampu membawa keadilan bagi masyarakat.

"Keadilan harus benar-benar dengan rakyat, jangan tajam ke bawah tumpul ke atas," ujarnya.

Senada dengan Benny, Abdul mengatakan bahwa perlunya teladan Pancasila dari para tokoh bagi masyarakat. "Gotong royong juga dirasakan masyarakat semakin menjauh dan tauladan dari para tokoh menurut riset yang ada mengecewakan.Oleh karena itu, Perlu ada perjuangan yang terus menerus," katanya.

Abdul berharap, Indonesia yang begitu majemuk dapat saling bersatu dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

"Silakan orang merekayasa apapun. Tapi sejarah menjelaskan Pancasila solusi terbaik sebagai dasar negara dan pedoman dan nyata adanya. Pancasila sebagai pemersatu dan perjalanan sejarah menjelaskan bahwa Pancasila luar biasa," tandasnya.

tag: #pancasila  #bpip  #antonius-benny-susetyo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

I Nyoman Parta Desak Aparat Kepolisian Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa STIP

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bali, I Nyoman Parta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas tewasnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Putu ...
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...