Oleh Alfin Pulungan pada hari Sabtu, 17 Okt 2020 - 08:43:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Belajar dengan Subari, Penggerak Kampung Tertib Lalu Lintas yang Meraih Ikon Prestasi Pancasila

tscom_news_photo_1602898939.jpg
AKP Subari (kiri), penggerak Kampung Talas berbincang dengan Wakil Kepala BPIP (kanan), Prof Hariyono. (Sumber foto : Humas BPIP)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sejumlah pimpinan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Jumat (16/10) melakukan kunjungan ke sejumlah kampung tematik di Kota Tangerang. Salah satu yang dikunjungi adalah Kampung Talas (Tertib Lalu Lintas) yang terletak di RW 04, Asrama Polri, Pasar Baru, Kota Tangerang.

Di hadapan sejumlah pimpinan BPIP yang hadir, seperti Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Baya Tenaya; Wakil Kepala BPIP Prof. Haryono; Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP M. Akbar Hadiprabowo; dan Kepala Biro Fasilitasi Dewan Pengarah BPIP Sunoto Setyo, Ketua RW 04 Subari memberikan penjelasan tentang berdirinya Kampung Talas.

Menurut Subari yang merupakan peraih Ikon Prestasi Pancasila tahun 2020, meski dulunya kampung ini tak terbilang kumuh, namun dulunya kampung ini seperti tidak terawat. Atas kesadaran warga yang sebagian besar merupakan personel Polri, diubahlah kampung tersebut menjadi lingkungan bersih dan sehat.

"Kemudian dikembangkan menjadi destinasi Kampung wisata edukasi berupa tertib aturan lalu lintas, yang diberikan oleh pihak Polri diperuntukan kepada masyarakat," kata Subari yang juga seorang polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Lebih lanjut Subari menjelaskan, Kampung Talas kemudian didukung Satlantas Polres Metro Tangerang Kota. Saat ini, Kampung Talas telah difasilitasi alat peraga Lalu lintas (APIL), taman bermain, marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, dan trafic light.

Tidak hanya itu, di dalam Kampung Talas juga terdapat pohon-pohon talas yang tertanam subur di pekarangan rumah-rumah warga. Terdapat pula hiasan mural tata tertib lalu lintas, vertical garden, inovasi seni bercocok tanam, sudut-sudut kampung yang hijau dan bersih. Sehingga, kampung ini menjadi indah dan asri serta cocok untuk masyarakat yang ingin berswafoto.

Atas upaya Subari yang menjadi salah satu pelopor masyarakat dalam mendirikan Kampung Talas, pada 2020 ini, BPIP menganugerahkan kepadanya Ikon Pancasila 2020.

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tanaya yang memberi sambutan pada pertemuan antara BPIP dengan pegiat di Kampung Talas mengatakan, dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut karena dipercaya bakal mampu menginspirasi dan mendongkrak semangat jiwa kebangsaan anak-anak generasi milenial.

"Dengan kegiatan ini, supaya generasi muda lebih memahami dasar Negara dan mengimplementasikannya dalam keseharian, selain dengan moto-moto kebangsaan perlu juga menampilkan inspirator yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila," kata Wisnu.

tag: #kampung-talas-kota-tangerang  #pancasila  #polri  #bpip  #prof-hariyono  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Polisi Akan Kerahkan 6 Ribu Personel Jaga Demo di Depan Istana

Oleh Rihad
pada hari Senin, 19 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Polisi mengerahkan 6.000 petugas keamanan untuk menjaga aksi di Patung Kuda Arjuna Wiwaha pada Selasa (19/10). "Kalau di sekitar Istana, sudah kita petakan sekitar ...
Berita

BPIP Dorong Panca Main Masuk Kurikulum Pendidikan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Rima Agristina mendorong penguatan permainan tradisional termasuk Panca Main ...