Oleh Givary Apriman pada hari Kamis, 26 Nov 2020 - 14:26:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Manusia di Era Digital Kehilangan Pemikiran Kritis

tscom_news_photo_1606375561.jpg
Romo Benny Susetyo (kiri) dalam diskusi bertema "Problem Manusia Digital Indonesia" di acara Coffee morning, Kamis (25/11/2020). (Sumber foto : Humas BPIP)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny, mengatakan banyak orang beranggapan dapat bersandiwara di dunia digital karena mereka merasa tidak akan terkena dampak secara langsung.

Hal itu ditandai dari berseliwerannya komentar-komentar bernada cacian yang mengancam dan merusak martabat kemanusiaan. Mereka umumnya sadar apa yang dilakukan. Namun karena identitasnya tersamarkan di dunia maya, mereka pun dapat leluasa mengumbarnya.

Dunia maya, kata Benny, ibarat panggung dengan banyak kesadaran palsu. Sehingga, banyak pula sandiwara yang terjadi di dalamnya.

"Sebenarnya orang bersandiwara menjadi pemberani dan menjadi hero, padahal dalam kehidupan nyataya tidak demikian," kata Benny dalam diskusi bertema "Problem Manusia Digital Indonesia" dalam acara Coffee morning yang diselenggarakan oleh Heartline Network, Kamis (25/11/2020).

Digitalisasi yang tidak mengenal ruang dan waktu membuat orang-orang berkompetisi memperebutkan ruang publik tersebut. Seiring dengan itu, Benny mengatakan budaya dan pemikiran kritis masyarakat semakin terkikis. Padahal, kemajuan teknologi melalui dunia digital membutuhkan sikap kritis dari masyarakat agar tidak terjatuh ke jurang kerusakan.

"Kecanggihan teknologi ini (akhirnya) bukan untuk memajukan bangsa atau membangun peradaban, melainkan menghasilkan produk kontraproduktif," ujarnya.

Di era Digital pula, Benny melanjutkan, banyak figur-figur tertentu yang tiba-tiba muncul bukan karena prestasi dan pemikirannya, tetapi karena intrik sarkasme yang mengejar target dan rating.

"Dunia digital banyak manipulasi dan kepalsuan. Caranya untuk mengatasi ini adalah adanya kesadaran literasi media," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Founder Inovator 4.0, Budiman Sudjatmiko, mengatakan dunia digital membawa fasilitas yang membuat masing-masing orang bisa memainkan peran apapun yang diinginkan.

Ia menuturkan ada tiga hal yang mempengaruhi peradaban dunia di era digital saat ini, yaitu rekayasa atom, rekayasa informasi, dan rekayasa biologi. Dunia digital, kata Budiman, masuk dalam rekayasa infomasi dalam bentuk verbal dan non-verbal yang mampu merubah tindak tanduk manusia.

"Verbal dan non verbal ini bisa memengaruhi laku dan perilaku orang lain. Di dunia media sosial ini salah satu tujuannya adalah menghibur atau tidak," kata dia.

Kehadiran dunia digital tak hanya mengubah perilaku manusia sehari-hari. Menurut Budiman, efek negatif dari kehadiran digital juga mengubah orientasi dan cara pandang manusia terhadap sebuah nilai kehidupan.

"Jika dahulu mencari hal baik, sekarang di dunia digital mencari mana yang menyenangkan dan menghibur," katanya.

tag: #literasi-digital  #pendidikan  #bpip  #antonius-benny-susetyo  #budiman-sudjatmiko  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...