Oleh Rihad pada hari Senin, 30 Nov 2020 - 15:25:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Jenazah Pekerja Migran Yang Ditemukan di Koper Diduga Sengaja Dibuang

tscom_news_photo_1606724667.png
Ilustrasi jenazah (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha menyatakan jenazah A, WNI yang jasadnya ditemukan dalam koper di Makkah, adalah pekerja migran. Namun belum ada riwayat kerja wanita asal Tangerang berusia 23 tahun itu. Judha mengatakan, keberadaan A di Saudi sudah melebihi izin tinggal. "Belum ada detailnya, namun Almarhumah berstatus overstayer di Saudi," kata Judha.

Jasad A ditemukan di dekat jalan lingkar (ringroad) Makkah usai polisi Saudi mendapat laporan dari masyarakat pekan lalu.

Kini kepolisian sedang melakukan investigasi mendalam atas penemuan jasad itu. Dalam rangkaian investigasi, dua WNI ditangkap. Judha menjelaskan bahwa hasil visum menunjukkan tidak terdapat tanda-tanda kekerasan pada jenazah A. Namun, untuk memastikan penyebab kematian akan dilakukan autopsi.

"Langkah-langkah tindak lanjut segera dilakukan Kemlu dan KJRI Jeddah antara lain menghubungi keluarga almarhumah A dan melakukan pendampingan hukum terhadap dua WNI yang ditangkap,” kata Judha.

KJRI Jeddah juga telah menyediakan jasa penerjemah selama kedua WNI tersebut menjalani pemeriksaan dari otoritas setempat. KJRI juga akan membantu pemulasaraan jenazah A sesuai permintaan keluarga.

WNI A kabarnya menderita sakit selama tiga bulan sebelum meninggal. Konsul Jenderal (Konjen) RI di Jeddah, Eko Hartono, mengatakan, saat sakit A ditampung oleh pasangan WNI yang juga bekerja di Arab Saudi. A merupakan perempuan asal Tangerang, berusia 23 tahun. Setelah meninggal, penampung ini bingung dan kemudian memasukkan almarhumah dalam koper dan membuangnya di pinggir jalan.

Pembuang jasad A adalah dua WNI, laki-laki asal Serang dan wanita dari Lebak. Keduanya kini ditahan aparat Saudi untuk dimintai keterangan. KJRI sedang menunggu hasil autopsi dan pemeriksaan kepada dua WNI.

tag: #pekerja-migran-indonesia  #arab-saudi  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Ketum DEIT,  Annar Sampetoding:Penangkapan Nurdin Abdullah  Mencoreng Nama Baik Bugis – Makassar

Oleh Ariful Hakim
pada hari Minggu, 28 Feb 2021
JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Penangkapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) selain mengejutkan juga mencoreng nama baik warga Sulawesi Selatan. Demikian ...
Berita

Soal Investasi Miras, PKS : Kontradiktif dengan Visi SDM Jokowi

JAKARTA ( TEROPONG SENAYAN ) -- Politikus Partai Kesejahteraan Sosial (PKS), Mardani Ali Sera, meminta kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menerbitkan Peraturan Presiden mengenai izin ...