Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 31 Des 2020 - 18:45:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Pembubaran FPI, KAMMI: Demokrasi Kita Sudah Pincang

tscom_news_photo_1609415108.jpg
Rizieq Shihab Imam Besar FPI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pjs Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Susanto Triyogo menilai, pembubaran organisasi Front Pembela Islam (FPI) mencerminkan gambaran pemerintah yang semakin Otoriter.

"Kita sudah melihat, sejak setelah HTI dibubarkan, lahirnya Omnibuslaw, serta pembubaran FPI cenderung mencerminkan bagaimana wajah pemerintahan saat ini. Di Negara Demokrasi, hal ini tidak akan terjadi," ucap Susanto dalam keterangannya, ditulis, Kamis, (31/12/2020).

Ia pun meminta, kepada Pemerintah untuk lebih bijaksana dalam menghadapi setiap perbedaan di dalam negara demokrasi.

Ia mewanti-wanti, jika hal ini terus terjadi, maka demokrasi yang diperjuangkan selama ini menjadi sia-sia dan mengarah kepada kemunduran.

"Kalau Pemerintah selalu bersikap represif terhadap pihak yang berbeda pandangan dan yang menyampaikan kritik, maka demorasi di negara kita akan mati," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Kebijakan Publik KAMMI Pusat, Abdussalam, mengatakan pembubaran ormas FPI jelas memunculkan wajah otoriter.

"Negara demokratis mana yang dengan cara kasar seperti ini ketika ada golongan yang kritis terhadap pemerintah. Jelas sekali cara-cara seperti ini hanya menampilkan wajah otoriter yang sesungguhnya," ujar Abdussalam.

Menurutnya, ormas merupakan salah satu unsur dari demokrasi yang harus di hormati keberadaannya, dan pemerintah tidak dapat semena-mena menentukan mana yang boleh mana yang tidak boleh.

"Ormas adalah salah satu unsur demokrasi yang harus dihormati keberadaannya. Jikalau Pemerintah bisa sesuka hatinya memilih mana yang boleh mana yang tidak, maka dipastikan unsur demokrasi di negara kita sudah pincang sebelah," tandasnya.

tag: #politik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...