Oleh Bachtiar pada hari Senin, 04 Jan 2021 - 10:55:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Harga Kedelai Terus Meroket, Anggota DPR Fraksi Demokrat ini Sebut Kementan Teledor

tscom_news_photo_1609732546.jpg
Bambang Purwanto Politikus Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IV DPR Bambang Purwanto menilai, faktor
keteledoran dari sistem pengawasan dan kendali di Kementerian Pertanian (Kementan) menjadi faktor melonjaknya harga kedelai yang terus meroket dalam beberapa hari terakhir ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Bambang Purwanto saat menanggapi lonjakan harga kedelai yang membuat para pengrajin tahu dan tempe di Indonesia menjerit di awal tahun 2021.

"Keteledoran ini disebabkan sistem pengawasan serta kendali dari Kementan yang tidak berjalan dengan baik. Seharusnya dijaga agar mata rantai kegiatan sampai di hilir bisa berlanjut, karena kewenangan di hulu ini ada di Kementan," kata Politikus Demokrat itu, Senin, (4/1/2021).

Kejadian ini, lanjut Bambang Purwanto, juga menanadakan ketidakcermatan dan keteledoran Kementan sebagai lembaga yang memproduksi pangan termasuk kebutuhan kedelai.

Padahal, kata dia, produksi kedelai banyak di tunggu oleh UMKM yang memproduksi kebutuhan pangan seperti tahu dan tempe yang merupakan kebutuhan pangan harian bagi masyarakat Indonesia.

"Tentu memerlukan bahan baku secara continue sementara kelangkaan dan mahalnya harga kedelai tentu berdampak terhadap nilai jual produknya yang sementara daya beli masyarakat dimasa pandemi ini menurun," papar dia.


"Belum lagi dampak mahalnya harga dan langkanya kedelai pasti betdampak kepada kegiatan UMKM yang juga akan mengurangi tenaga kerja bahkan bisa stop produksi, makin runyam," tegasnya.

Bambang juga menyoroti, kinerja Kementerian Perdagangan (Kemendag). Menurutnya,
di masa pandemi seperti saat ini tentunya semua negara seharusnya menjaga stok makanan masing-masing.

"Dengan demikian kita harus cermat membaca situasi dan kondisi saat wabah covid 19 ini agar tidak terlambat menjaga pasokan untuk kebutuhan pangan," pungkasnya.

tag: #tempe  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...