Oleh Yoga pada hari Senin, 15 Feb 2021 - 10:54:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Ditengah Pandemi Covid-19, Jokowi Masih Bisa Lantik Gubernur Terpilih Sulut dan Kaltara

tscom_news_photo_1613361273.jpg
Presiden RI Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang, untuk periode 2021–2024.

Presiden Jokowi melantik dua Gubernur di Istana Negara, pada hari Senin (15/2/2021). Dua Gubernur ini dilantik pertama kali dari hasil pilkada serentak 2020 lalu.

“Benar ada pelantikan Gubernur Sulut dan Kaltara,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut terpilih yaitu Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Pasangan pertama ini ditetapkan KPUD sebagai pemenang pilkada Sulut tahun 2020 dengan suara terbanyak 821.503 suara.

Sementara, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kaltara adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU setelah meraih suara terbanyak 45.778 suara.

Kedua provinsi ini yakni Sulawesi Utara dan kalimantan Utara tercatat tidak memiliki tanggungan gugatan pilgub dalam pilkada 2020 lalu. Karenanya, dua kepala daerah terpilih dilantik paling pertama oleh Presiden Jokowi d Istana Negara.

Adapun pemungutan suara pilkada 2020 digelar pada 9 Desember di tengah pandemi Covid – 19. Pilkada digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 kota.

Sembilan provinsi yang menggelar Pilgub pada 2020 lalu selain Sulut dan Kaltara, provinsi yang menggelar pilgub dan wagub adalah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimntan Tengah, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah.

tag: #politik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Berita

Jokowi Targetkan Pertumbuhan 7 Persen, Marwan Cik Asan: Pemerintah Terlalu Optimis

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 16 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Target pertumbuhan ekonomi Indonesa melebihi 7 persen pada kuartal II 2021 dinilai anggota Komisi XI Marwan Cik Asan akan sangat berat. Dalam hal ini, jangan sampai ...
Berita

PBB Buka Peluang Gabung Poros Islam di Pemilu 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra menyambut baik wacana pembentukan poros Islam yang disampaikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai ...