Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 03 Mar 2021 - 12:53:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas

tscom_news_photo_1614750818.jpeg
Gunung Sinabung (Sumber foto : Antara)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gunung api Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas, Rabu (3/3/2021) pagi.

Petugas Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan, bahwa dari pantauan seismograf di Pos Pantau Gunung Sinabung, tercatat erupsi terjadi sekitar pukul 08.52 WIB dengan arah angin ke Barat. Karena kondisi di sekitar gunung tertutup kabut, jarak luncur awan panas guguran tidak dapat teramati. Erupsi ini terekam dengan amplitudo 120 mm dengan durasi selama 332 detik dengan hembusan angin ke arah Barat.

"Erupsi baru satu kali awan panas tetapi tidak teramati pada pukul 08.52 WIB dengan durasi 332 detik," kata Armen.

Selain erupsi, sejak Rabu dini hari gunung Sinabung sudah mengalami 80 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-120 mm dan lama gempa 12-96 detik.

“Dari jam 12 malam sampai sekarang sudah lebih dari 80 kali gempa guguran,” ucap Armen.

Paska erupsi besar pada Selasa kemarin, pagi ini Sinabung masih mengalami kegempaan guguran-guguran awan panas. Meski secara visual tidak teramati karena kondisi gunung masih tertutup kabut. Armen mengatakan, potensi terjadi erupsi dan guguran awan panas masih tinggi, mengingat aktivitas Sinabung yang masih fluktuatif.

“(Kuba Lava) teramati jelas belum Cuma biasanya sebagian belum semuanya. Potensi awan panas lagi masih sangat tinggi," jelasnya.

Sebelumnya, pada Selasa (2/3/2021) kemarin Gunung Sinabung mengalami erupsi sebanyak 13 kali dengan mengeluarkan awan panas guguran. Erupsi terjadi dalam rentang pukul 06.42 WIB hingga pukul 08.20 WIB. Guguran awan panas bahkan mencapai 5 ribu meter ke arah timur-tenggara, dengan tinggi kolom abu 2 ribu hingga 5 ribu meter dari atas puncak gunung.

Dari laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, pascaerupsi Selasa kemarin telah menerima ada empat kecamatan yang terkena dampak dari abu vulkanik Sinabung.

tag: #gunung  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Ketum JMSI Buka Rakerda Pengda JMSI Aceh

Oleh Ariful Hakim
pada hari Senin, 12 Apr 2021
BANDAACEH (TEROPONGSENAYAN)-- Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang diwakili Asisten Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Ir. Iskandar Syukri, MM, MT hadiri Rapat Kerja ...
Berita

Tol Japek II Elevated Diganti Nama Tol Layang Sheikh MBZ, Inilah Profilnya

Beredar kabar Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated diganti nama  Tol Layang MBZ (Sheikh Mohamed Bin Zayeb). Di mana dalam rangka pergantian nama tersebut, akan dilakukan penutupan ...