Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 08 Jun 2015 - 13:46:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Dirut Bulog Dicopot, Itu Terlalu Dini

18firman_subagyo_1.jpg
Anggota Komisi IV DPR Firman Subagyo (Sumber foto : ISTIMEWA)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pencopotan Lenny Sugihat dari jabatannya sebagai Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog dinilai terlalu dini. Soalnya Lenny Sugihat baru lima bulan menjabat.

Selain itu pencopotan Dirut Perum Bulog sama sekali tidak menyelesaikan masalah. Soalnya permasalah pangan itu tergantung pada sistem dan pengendaliannya.

Anggota Komisi IV DPR Firman Subagyo mengatakan, pergantian direksi di Bulog tidak akan mempengaruhi kinerja selama tata niaga persoalan pangan tidak dikendalikan. "Untuk beras yang diserahkan kepada mekanisme pasar, hal itulah yang menjadi kendala Bulog," katanya Senin (8/6/2015) di Jakarta.

Menurutnya, jika distribusi beras itu diserahkan ke mekanisme pasar maka pengendalinya adalah para pedagang dan importir swasta.

"Bulog itu hanya mampu membeli beras sesuai dengan HPP yang ditetapkan pemerintah. Dan sebagi Perum, Bulog harus bisa mencari laba," katanya.

Apalagi, adanya pernyataan pemerintah yang tidak akan melakukan impor, tentu saja kondisi ini membuat para pedagang berlomba untuk membeli beras petani diatas harga pasaran. "Pada saat mendekati Ramadhan seperti saat ini, mereka lepas sedikit-sedikit," kata Firman. (ai)

tag: #DPR  #Komisi Pangan  #Bulog  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement