Oleh Rihad pada hari Senin, 08 Mar 2021 - 09:59:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Kamrussamad: Agropreneur Bisa Selamatkan Indonesia dari Kemerosotan Ekonomi

tscom_news_photo_1615172397.jpg
Kamrussamad (Sumber foto : Ist)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pandemi Covid-19 telah menjadikan ekonomi Indonesia tertekan. Tantangan ini menjadi perhatian semua pihak termasuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Anggota anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad mengatakan ada beberapa langkah agar Indonesia bisa terhindar dari krisis ekonomi akibat pandemi.

Ia menyebut, terdapat empat jurus yang bisa menahan perekonomian Indonesia dari resesi. Pertama, pemerintah harus membuka sektor produktif. Ia melihat sektor pertanian sangat kuat bertahan saat pandemi. "Dengan begitu, agropreneur harus digalakkan, tapi harus diintegrasikan dengan teknologi digital," katanya dalam sebuah diskusi beberapa waktu lalu.

Kedua, mempercepat realisasi anggaran, kemudian ketiga percepatan restrukturisasi semua kredit, dan keempat transformasi digital bagi pelaku ekonomi dan keuangan.

Perhatian Kamrussamad juga cukup besar tentang penerimaan pajak yang tertekan akibat roda ekonomi berjalan melambat. Ia sangat menyayangkan adanya dugaan korupsi di Ditjen Pajak. Ia menyatakan KPK harus mengusut tuntas dugaan korupsi ini. "KPK jangan ragu, tapi segera bertindak demi kepentingan rakyat," ujar Kamrussamad kepada wartawan, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya, penerimaan negara di sektor perpajakan selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan tajam, sehingga sangat disesalkan jika terdapat korupsi di lingkungan Ditjen Pajak.

"Kesejahteraan pegawai pajak sudah luar biasa, bahkan pelayanan vaksin pun kami minta diprioritaskan," ucap politikus Gerindra itu.

Masih banyak perhatian Kamrussamad yang cukup intens terkait ekonomi. Yang terbaru, ia

menyebut rencana pemerintah tepatnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hendak menggratiskan pajak mobil baru Maret mendatang perlu dikaji ulang.

Kamrussamad mencontohkan, hal serupa memang telah diterapkan di negara tetangga yakni di Malaysia. Namun, belum tentu penerapan kebijakan ini akan tepat di Indonesia, maka kajian mendalam memang perlu dilakukan.

Selain itu, menurut Kamrussamad, industri otomotif Indonesia juga tak mirip dengan Malaysia. Ia mengatakan Malaysia menerapkan pemotongan pajak penjualan 100 persen untuk mobil yang dirakit di dalam negeri, dan pemotongan 50 persen untuk mobil yang dirakit di negara asalnya.

Oleh karena itu, sambungnya, jelas harus ada ketentuan-ketentuan yang lebih jelas terkait wacana ini jika memang akan diterapkan di Indonesia.

Profil

Kamrussamad mewakili Gerindra sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Kamrussamad mengatakan sudah saatnya bagi mereka untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat ke parlemen.

“Kepercayaan rakyat harus dikembalikan kepada DPR, dengan cara sungguh-sungguh menjalankan tugas pengawasan jalannya pemerintahan,” kata.

“Kita harus berkomitmen menjaga integritas. Itulah cara mengembalikan kepercayaan rakyat,” tutur pria yang terpilih melalui daerah pemilihan (dapil) III DKI Jakarta tersebut.

Biodata Kamrussamad

Nama Lengkap : Kamrussamad

Tempat/Tanggal Lahir : Pangkep, 20 Juli 1974

Agama : Islam

Riwayat Pendidikan :

SD 3 Tala Ma"rang Kabupaten Pangkep

SMP Irnas Makassar

SMA Negeri Pangkep

S1 Jurusan Teknik Industri UMI Makassar

S2 Bisnis Internasional Universitas Indonesia Jakarta

Program Profesi Insinyur Universitas Muslim Indonesia, Makassar

Riwayat Organisasi

-Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

-Ketua DPP Komite Nasional -Pemuda Indonesia (KNPI), 2005

-Ketua Umum DPP Pemuda Penerus Amanat Proklamasi Republik Indonesia (PPARI)

-Sekjen Angkatan Muda Pembaruan Indonesia, 2006.

-Ketua Kompartemen KKO BPP HIPMI

tag: #kamrusamad  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Profil

Apakah Said Aqil Pantas Jadi Komisaris BUMN? Coba Simak Profilnya

Oleh Rihad
pada hari Thursday, 04 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir baru saja menunjuk Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj menjadi Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. ...
Profil

Tugas Penting Agung Awasi Dana Penanganan Covid Lebih dari Rp 1.000 Triliun

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di bawah kepemimpinan Agung Firman Sampurna memiliki tugas penting khususnya di masa pandemi ini. BPK bertugas melakukan pemeriksaan atas ...