Oleh Bachtiar pada hari Senin, 22 Mar 2021 - 15:30:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Insiden All England, BPIP Desak Menpora Tidak Tinggal Diam

tscom_news_photo_1616401814.jpg
Romo Benny, Stafsus Ketua Dewan Pengarah BPIP (Sumber foto : Antara)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo menilai, keputusan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang mencoret tim bulutangkis Indonesia telah melukai harkat dan martabat (Nasionalisme) Bangsa Indonesia. Bahkan memicu kemarahan masyarakat Indonesia.

Romo Benny begitu ia disapa juga menilai solidaritas sosial bangsa Indonesia semakin kuat dengan protesnya terhadap media sosial milik BWF yang akhirnya menghilang atau ditutup.

"Itu kan sebagai bentuk protes karena ketidakadilan dan melukai rasa Nasionalisme," tandasnya Senin, (22/3/2021).

Ia juga mengakui Nasionalisme bangsa Indonesia sudah berakar dengan proses internalisasi kebangsaan yang sudah dibangun sejak awal sebelum kemerdekaan dengan Sila Ke-5 (Persatuan Indonesia).

"Jadi ketika terjadi pelecehan terhadap martabat Bangsa, maka dengan sendirinya rasa solidaritas yang luar biasa," ujarnya.

Menurutnya, hal ini bukan sekedar pelecehan terhadap bangsa Indonesia tetapi juga bentuk pengingkaran terhadap spirit sportifitas olahraga dunia.

Ia mendorong badan olahraga bulu tangkis dunia tersebut berefleksi karena keputusan yang diabil merupakan kesalahan yang fatal.

"Kan mereka (atlet Indonesia) tidak salah, seluruh mekanisme mereka sudah dijalankan," tuturnya.

Dirinya bahkan menyebut badan olahraga bulu tangkis dunia itu diskriminasi terhadap para atlet Indonesia, padahal ada atlet lainnya (Turki) yang satu pesawat tetapi masih ikut turnamen.

"Ini kan bentuk diskriminasi dan menciderai sportifitas olahraga dunia," tegasnya.

Upaya pemerintah dinilai sudah mampu berupaya untuk menindaklanjuti hal tersebut dan harus dikawal.

"Saya kira upaya pemerintah sudah mampu seperti berdiplomasi dan harus dikawal," ucapnya.

Ia mendorong ajang olahraga dunia tersebut harus dibatalkan secara keseluruhan karena dengan alasan profesionalitas, sportifitas.

Selain itu, ia menekankan pemerintah dalam hal ini PBSI dan Menpora tidak tinggal diam, untuk menindaklanjuti persoalan ini ke ranah peradilan.

"Karena ini harga diri, maka harus dikawal secara adil dan jujur memenenagkan gugatan ini. Kalau kita memenangkannya maka disitulah harga diri bagsa mampu kita wujudkan, bahwa kita memilki kemandirian dalam bidang poilitik dan kita tidak mau dilecehkan," tegasnya.

tag: #bulu-tangkis  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...