Berita
Oleh Rihad pada hari Thursday, 20 Mei 2021 - 23:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemendagri Yakin Data yang Diduga Bocor Bukan Berasal dari Dukcapil

tscom_news_photo_1621521803.jpg
Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh memastikan data penduduk yang diduga bocor bukanlah data dukcapil.

Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan persnya di Jakarta mengatakan jika dianalisa dari struktur dan pola datanya, data tersebut bukanlah data kependudukan dan pencatatan sipil.

"Saya memastikan itu bukan data yang bersumber dari dukcapil. Karena struktur data di Dukcapil tidak seperti itu. Struktur data di dukcapil tidak ada tanggungan, email, NPWP, nomor HP, TMT, TAT," kata dia.

Tim Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri telah melakukan analisis pada kasus kebocoran data individu yang infonya berasal dari twitter dan mendapatkan sejumlah fakta.

Yakni, pelaku mengiklankan penjualan data individu di website dengan alamat https://raidforums.com/Thread-SELLING-Indonesian-full-Citizen-200M-NIK-KPT-PHONE-NAME-MAI-LADDRESS-Free-1Million.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, nama user yang mengiklankan data tersebut adalah Kotz. Pada iklan di website tersebut yang bersangkutan memberikan link sampel data individu yang bisa didownload sebagai sampel data.

"Data yang sudah didownload berbentuk file CSV (command separated value) dan setelah diimport berjumlah 1.000.000 rows," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Lebih jauh Dirjen Zudan menjelaskan, hasil penelusuran tim dari hasil import data sampel tersebut, diperoleh struktur data yang terdiri dari kolom-kolom.

Kolom-kolom tersebut yakni, PSNOKA, PSNOKALAMA, PSNOKALAMA2, NAMA, NMCETAK, JENKEL, AGAMA, TMPLHR, TGLLHR, FLAGTANGGUNGAN, NOHP, NIK, NOKTP, TMT, TAT, NPWP, EMAIL, NOKA, KDHUBKEL, KDSTAWIN, KDNEGARA, KDGOLDARAH, KDSTATUSPST, KDKANTOR, TSINPUT, TSUPDATE, USERINPUT, USERUPDATE, TSSTATUS, DAFTAR.

Struktur dari data tersebut tidak sama dengan struktur data milik Direktorat Jenderal Dukcapil. Sehingga, data yang diiklankan pelaku tersebut bukanlah data dukcapil.

tag: #kemendagri  #data  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...