Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 21 Mei 2021 - 19:17:57 WIB
Bagikan Berita ini :

279 Juta Data Peserta BPJS Kesehatan Diduga Bocor, Netty: Ini Amat Berbahaya

tscom_news_photo_1621599477.jpg
Netty Prasetyani Anggota Komisi IX DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sejumlah kalangan termasuk kalangan DPR mendesak agar dugaan kebocoran data 279 juta peserta BPJS Kesehatan diusut hingga tuntas.

"Saya sangat menyayangkan jika memang benar terjadi kebocoran data pasien BPJS Kesehatan. Bagi saya kebocoran data ini amat berbahaya," tandas Netty Prasetyani Aher Anggota Komisi IX DPR RI ini saat dihubungi wartawan, Jumat (20/05/2021).

Menyikapi hal tersebut, Netty menekankan agar Pemerintah melakukan mitigasi dan investigasi sampai tuntas, mengingat selain bisa dijual, kebocoran data ini berpotensi disalahgunakan untuk kejahatan siber.

"Saya meminta BPJS agar menelusuri dan menuntaskannya secepat mungkin. Data pasien wajib hukumnya untuk dilindungi dan ini telah dijamin oleh Undang-Undang," tegasnya.

Netty juga memandang, kasus bocornya data tersebut imbas tidak adanya regulasi yang memadai terkait privasi maupun perlindungan data pribadi.

"Secara umum saya juga mengkritik Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang masih lemah di negara kita. Sampai saat ini RUU PDP belum kunjung disahkan. Padahal UU ini diperlukan agar setiap orang memiliki payung untuk mengamankan data pribadinya," ujarnya.

"Saya berharap RUU ini dapat segera diselesaikan, apalagi saat ini semua sudah serba digital. Hampir semua akses ke aplikasi-aplikasi selalu meminta data pribadi kita, seperti NIK, nomor telepon, alamat, email dan sebagainya," sambungnya.

"Tapi pertanyaannya kalau data itu bocor bagaimana? Ada tidak payung hukum yang menjaminnya? Bahaya kalau data pribadi hanya sepenuhnya dipercayakan kepada lembaga/institusi tanpa ada payung hukum yang jelas," tandasnya.

tag: #data  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...