Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 10 Jun 2015 - 15:08:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Bolehkan Warung di Bulan Puasa, Menteri Agama Menyesatkan?

79lukman-hakim.jpg
Lukman Hakim Saifuddin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota komisi VI DPRRI dar fraksi PKB Kholilurrahman menyebut pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin tentang rumah makan boleh buka siang hari di bulan puasa, menyesatkan.

‎"Pernyataan Menag, rumah makan boleh buka siang hari di bulan Ramadhan, menyesatkan. Kalau di bali saja saat hari nyepi bisa dijalankan dengan efektif, Sehingga harus dihormati oleh ummat selain Hindu juga. Kenapa untuk bulan Ramadhan tidak bisa," ungkap Khalilurrahman di Gedung DPRRI, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Khalilurrahman berpandangan seharusnya Menteri Agama lebih menekankan pada penghormatan terhadap umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Bukan sebaliknya, membiarkan warung makan bebas menjajakan jualan makanannya.

"Hormatilah ummat islam yg sedang berpuasa,"ungkapnya.

Ia menekankan Menteri Agama tidak memberikan kebebasan bagi warung makanan secara umum untuk tetap berjualan ditengah masyarakat muslim menahan haus dan lapar saat ibadah puasa. Setidaknya, kata Khalilurrahman, dispensasi lebih wajar diberikan bagi warung makan ditempat-tempat tertentu.

"Kecuali di titik-titik tertentu seperti terminal yang memang banyak musafir yang kita tahu mereka boleh tidak berpuasa, atau tempat-tempat lain seperti rumah sakit. Itupun mereka buka warung jangan vulgar sehingga tidak menyinggung perasaan ummat islam yang sedang berpuasa. Memang Menag berdalih dengan alasan Hak Asasi Manusia," jelasnya.

"Tapi kita harus tahu bahwa HAM tu tingkatnya di bawah norma agama bagi yang memeluknya. ketika HAM bertentangan dengan norma agama maka norma agamalah yang harus didahulukan tanpa mencederai HAM." (iy)

tag: #menteri agama  #puasa 2015  #ramadhan 1436 H  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...