Oleh La Aswan pada hari Kamis, 08 Jul 2021 - 18:24:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Ditanya Pembentukan Komando Luar Angkasa, Anggota DPR: Tidak Masalah

tscom_news_photo_1625743477.jpg
Bobby Adhityo Rizaldi Politikus Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia sudah terlebih dahulu meluncurkan pembentukan komando luar angkasa. Hal tersebut mereka lakukan sebagai upaya menghadapi potensi ancaman perang di masa mendatang yang kian membutuhkan keahlian teknologi.

Lalu bagaimana dengan Indonesia sebuah negara yang sangat besar dari sisi jumlah penduduk dan sangat luas wilayah kedaulatan darat, laut maupun udaranya.

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adityo Rizaldy menilai, sebagai sebuah konsep pertahanan untuk masa depan, pembentukan komando pasukan luar angkasa adalah hal yang lumrah saja.

Hanya saja, kata dia, perlu perencanaan yang matang dan didukung dengan berbagai kebijakan yang memadai.

"Untuk pengembangan organisasi di TNI menjadi matra baru, saya rasa belum perlu, kalau hanya menjadi divisi saja misal di TNI AU, ya tidak masalah? Kenapa, karena masih perlu mengoptimalkan struktur organisasi saat ini," ujar Politikus Golkar itu saat dihubungi wartawan, Kamis (08/07/2021).

Menurutnya, pembentukan komando pasukan luar angkasa juga perlu didukung kebijakan anggaran yang memadai.

"Bila merujuk Space Forces di Amerika dan Russia, belum relevan karena budget militer mereka sangat besar lebih 3.7% PDB dan 4.3% PDB, dibanding Indonesia 0.8% PDB. Jadi saat ini belum diperlukan," singkatnya.

tag: #pertahanan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...