Oleh La Aswan pada hari Minggu, 25 Jul 2021 - 21:14:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Untuk Mendukung Generasi Muda, Kemenaker Gagas Telenthub Bantu Kerja

tscom_news_photo_1627222494.jpg
Ida Fauzyah Menaker RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Ketenagakerjaan mencanangkan Gerakan #TalenthubBantuKerja. Gerakan ini di design sebagai wujud perhatian dalam pengembangan potensi dan mendukung talenta generasi muda.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pembangunan ketenagakerjaan harus dilakukan secara inklusif, antara lain dengan memberi ruang terbuka dan mendorong kalangan muda meningkatkan potensi kreatif beserta kompetensinya. Dengan demikian, mereka dapat berperan lebih besar dalam menggerakkan perekonomian.

"Saya yakin potensi kepemudaan Indonesia sangatlah besar, bahkan dengan keuletan dan ketangguhannya, pemuda memiliki posisi strategis untuk menjadi bagian penting dalam pengembangan bangsa Indonesia ke depannya," ucap Ida saat meresmikan Gerakan #TalentHubBantuKerja secara virtual, Minggu (25/7/2021).

Ida mengungkapkan, Gerakan #TalenthubBantuKerja merupakan salah satu penjabaran dari 9 lompatan besar Kemnaker, yaitu pengembangan talenta muda. Terobosan ini diprioritaskan dalam rangka mengelola dan mengoptimalkan potensi kreatif kalangan muda, bersiap menjemput pekerjaan yang semakin dinamis dan fleksibel di masa mendatang.

"Hal ini karena sebagaimana kita tahu, disrupsi dan otomasi yang menjadi akibat dari revolusi industri telah berdampak sangat dahsyat dalam perkembangan dunia ketenagakerjaan," ucap Ida.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi menyebut, #TalenthubBantuKerja adalah sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan keterampilan anak muda, khususnya pada generasi milenial dan generasi Z pada bidang kreatif dan digital. Gerakan ini akan berlanjut hingga akhir tahun 2021.

"Gerakan yang dimulai pada 25 Juli 2021 ini akan berlanjut dengan pembinaan yang akan diselenggarakan oleh Talenthub secara estafet, dari bulan Agustus hingga akhir tahun 2021. Kegiatan pembinaan tersebut gratis bagi 5 ribu peserta di seluruh Indonesia," kata Anwar.

Menurutnya, gerakan ini secara simultan akan diikuti beragam agenda, seperti program kerja kreatif, penyaluran pemagangan, sampai mentoring bisnis. Gagasan tersebut sengaja dirancang memberi kesempatan untuk generasi muda mengisi ruang-ruang publik.

Tenaga Ahli Talenthub Kemnaker Ahmad Luthfi berharap, gerakan #TalenthubBantuKerja dapat mengajak para milenial dan generasi Z untuk mengetahui tentang peningkatan kompetensi pekerjaan di masa depan.

"Melalui gerakan ini, nantinya muncul wirausaha-wirausaha muda dan UMKM baru di seluruh pelosok negeri. Selain itu, para profesional muda maupun freelancer akan kembali mendapatkan pekerjaan, sehingga mereka mampu survive, bisa membantu orang tua, dan bisa menafkahi keluarga," tutur Luthfi.

tag: #kemnaker  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...