Oleh Aswan pada hari Rabu, 04 Agu 2021 - 22:15:10 WIB
Bagikan Berita ini :

UNESCO Rekomendasi Penghentian Proyek Taman Nasional Komodo, Legislator Minta Pemerintah Pelajari Secara Detail

tscom_news_photo_1628088384.jpg
Gedung UNESCO (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Rekomendasi UNESCO melalui Konvensi Komite Warisan Dunia berisi permintaan untuk menghentikan sementara proyek infrastruktur di Taman Nasional Komodo.

Rekomendasi itu tertuang dalam Surat Keputusan World Heritage Committee yang mengadakan pertemuan secara online dari tanggal 16-31 Juli 2021 di Fuzhou, China.

Permintaan UNESCO untuk memberhentikan proyek pembangunan infrastruktur di Taman Nasional Komodo dan sekitarnya, dilatar belakangi oleh penilaian bahwa pembangunan tersebut berpotensi mempengaruhi outstanding.

"Misalnya pernyataan bahwa pembangunan tersebut berpotensi mempengaruhi outstanding universal value dari area tersebut - apakah di nyatakan dengan detil dari aspek apa saja? Ada baiknya kita mengetahui konteks secara fullnya terlebih dahulu," kata Anggota Kaukus Ekonomi Hijau DPR RI Dyah Roro Esti, Rabu (4/8/2021).

Di sisi lain, kata Politikus Golkar ini pemerintah perlu mempertimbangkan secar objektif dalam mendorong proyek infrastruktur di Taman Nasional Komodo.

"Misalnya untuk meningkatkan eco-tourism (tourism ramah lingkungan) yang akan berdampak terhadap pendapatan daerah dan pemberdayaan masyarakat setempat," papar Dyah.

Politikus Golkar ini juga menekankan, pada intinya pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung harus sesuai dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) serta koordinasi erat dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Agar pada dasarnya Taman Nasional Komodo dapat seterusnya di dikelola dengan baik agar biodiversity dan eksosistem tidak terganggu," tandas Anggota Komisi VII DPR RI ini.

tag: #unesco  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...