Oleh Wiranto pada hari Minggu, 08 Agu 2021 - 07:14:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Warga Pacitan Membicarakan Langit Terbelah, Fenomena Apa?

tscom_news_photo_1628381792.png
(Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Warga Pacitan, Jawa Timur kaget karena ada awan putih memanjang membelah langit. Fotonya viral dan menimbulkan tafsiran macam-macam. Ada juga warga yang menduga itu tanda kiamat. Benarkah? Coba simak apa kata pakar biar tidak salah paham.

"Dugaan pertama adalah itu merupakan roll cloud atau awan gulung. Awan ini termasuk langka tetapi memang beberapa kali terjadi di beberapa tempat," ucap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam instagramnya.

Awan tersebut, kata Daryono, terbentuk karena dua masa udara dengan kandungan uap air yang berbeda. Selain itu, salah satu yang berpengaruh pada dugaan pertama ialah pertemuan angin regional dengan angin laut/darat yang terbentuk pada garis front dua masa udara yang berbeda kandungan uap airnya.

Sedangkan kemungkinan kedua, awan ini diduga terbentuk akibat lintasan pesawat jet. Daryono menjelaskan, biasanya jika kejadian itu disebabkan pesawat maka jejaknya relatif kecil. Diameter awannya lebih kuat dengan warna langit.

“Contrail (jejak uap air) ini umurnya sangat pendek biasanya dalam skala menit bisa hilang, bentuknya mirip awan cirrus,” papar Daryono.

Daryono menambahkan, dua dugaan itu muncul karena tayangan video viral di sosial media kurang jelas. Meski demikian, ia memastikan kejadian di Pacitan adalah fenomena biasa, bukan pertanda akan terjadi gempa atau bencana lain.

“Untuk itu kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tdk mudah percaya dengan isu yang berkembang dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucapnya.

tag: #viral  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement