Oleh Aswan pada hari Kamis, 19 Agu 2021 - 10:11:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Budi Karya Targetkan KA Bandara YIA Beroperasi Pada September Jika Kasus Covid-19 Turun

tscom_news_photo_1629342706.jpeg
Penampakan jalur layang KA Bandara YIA (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan kereta api (KA) bandara di Yogyakarta International Airport (YIA) dapat beroperasi pada September 2021. Hal ini akan tergantung dari perkembangan penularan covid-19 di kawasan Yogyakarta.

Budi menjelaskan Yogyakarta sedang menerapkan PPKM level 4. Artinya, jumlah penularan covid-19 di wilayah tersebut sedang tinggi-tingginya.

"Menimbulkan pertanyaan kenapa belum dilakukan operasionalisasi, kita tahu Yogyakarta merah masuk PPKM level 4. Tentu kurang nyaman. Insyaallah September, Yogyakarta sudah level 3, sehingga lebih enak," ungkap Budi dalam Webinar Merdeka Bertransportasi, Rabu (18/8/2021).

Ia menjelaskan proyek KA Bandara YIA ini memakan biaya sekitar Rp1 triliun. Jalurnya mulai dari Stasiun Kedundang ke arah Bandara YIA sepanjang 5,4 km.

Proyek ini dimulai dari 2019 lalu. Pemerintah mengklaim KA Bandara YIA akan mempersingkat perjalanan menuju kota Yogyakarta atau sebaliknya menjadi hanya 45 menit.

Sementara, jika masyarakat menggunakan jalan raya dari Bandara YIA ke Kota Yogyakarta atau sebaliknya sekitar 60 menit-90 menit.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan operasional KA Bandara YIA akan dilakukan bertahap. Hal ini akan menyesuaikan frekuensi penerbangan di Bandara YIA.

"Kami akan lihat bagaimana PPKM pada awal September. Jika frekuensi penerbangan sudah mulai banyak maka perjalanan KA Bandara YIA akan ditambah, disesuaikan dengan aktivitas penerbangan," ucap Zulfikri.

Rencananya, KA Bandara YIA disiapkan untuk 30 kali perjalanan dalam sehari. Lalu, kapasitas angkut ditetapkan sebanyak 5.600 penumpang per hari.

tag: #menhub  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...