Oleh Aswan pada hari Rabu, 25 Agu 2021 - 21:07:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Mural Yang Diduga Mirip Jokowi Kembali Muncul Di Bandung

tscom_news_photo_1629900522.jpg
Mural mirip Presiden Jokowi dengan mata ditutup masker berukuran dua meter terpampang di dinding flyover Pasupati Bandung, Rabu (25/8). Bagian jari tangannya sedang memegang masker yang dipakainya. Mural tersebut saat ini sedang dihapus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Mural yang bernada sindiran kepada presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terus bermunculan menyusul viralnya mural ‘404’ not found beberapa waktu lalu. Kali ini, mural mirip sosok Jokowi ditemukan di bawah jembatan layang Pasopati, Bandung, Jawa Barat.

Kemunculan mural ini dinilai berkaitan karena kondisi masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini. Narasi mural yang disampaikan masih berkaitan dengan perasaan warga yang mengkritik situasi penanganan pandemi.

Sosok pria berpakaian putih mirip dengan Jokowi tampak menindih lukisan lain yang sebelumnya sudah digambar lebih dulu. Pada mural tersebut, sosok pria mengenakan sebuah masker yang menutupi mata dan hidung. Namun, tangan kanan pria tersebut terlihat sedang memegang bagian kepala.

Tak jelas siapa pembuat mural tersebut. Hanya saja di bagian samping mural terdapat sebuah tulisan "Niskala". Tulisan tersebut juga terdapat di bagian kerah sebelah kanan yang ukurannya lebih kecil.

Menurut Putri (38), seorang warga yang kerap melintas di dekat kawasan Dago Cikapayang, mural tersebut sudah cukup lama ada di tembok tersebut. Namun dia tak mengetahui kapan pastinya mural dibuat.

"Kalau saya sudah lihat beberapa hari yang lalu. Dari kemarin-kemarin juga sudah ada ini. Enggak tahu siapa yang buat," ujarnya.

Selain mural, memang banyak coretan lain seperti grafiti di tembok Jembatan Layang Pasupati.

"Jadi mural bukan cuma di sisi tembok sini saja, banyak mural lainnya di tembok bagian lain," cetus Putri.

Fenomena mencoret dinding dengan mural hingga grafiti masih meluas di berbagai wilayah meski kerap dihapus. Terakhir, di Solo muncul mural bertuliskan "Negaraku Minus Nurani" dan "Orang Miskin dilarang Sakit" di kawasan Stabelan, Kecamatan Banjarsari.

Jauh sebelum itu, deretan mural yang dihapus sudah mencuat sejak akhir Juli 2021 lalu. Misalnya, muncul mural bertuliskan "Tuhan, Aku Lapar" di kawasan Tigakarsa, Kabupaten Tangerang. Coretan itu menjadi viral dan langsung dihapus aparat.

Kemunculan mural terus berlanjut dan melebar ke berbagai tempat baik di dalam ataupun luar Pulau Jawa.

Salah satu yang fenomenal ialah gambar orang mirip Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang bagian mata ditutupi stiker tulisan "404: Not Found". Istilah itu lazim dalam dunia siber, menandakan laman yang dituju tidak bisa diakses atau tidak ada sama sekali.

Sebelumnya, di tembok salah satu rumah kosong pinggir jalan di kawasan Pasuruan, Jawa Timur, juga tergambar mural bergambar kartun yang dibubuhi dengan tulisan "Dipaksa Sehat di Negeri yang Sakit". Lukisan itu hanya bertahan beberapa hari.

Diduga, gambar telah ada pada sekitar tanggal 25 Juli. Kemudian, menjadi viral dan langsung dihapus oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pada 10 Agustus.

Gambar lain bertuliskan "Wabah Sesungguhnya adalah Kelaparan" juga muncul di kawasan Ciledug, Tangerang. Penghapusan itu diklaim oleh petugas Kecamatan Ciledug atas permintaan warga.

Gencarnya aksi penghapusan narasi itu mendapat kritik dari sejumlah pihak. Amnesty International Indonesia menilai bahwa upaya aparat itu mengancam kebebasan berekspresi dan berpendapat.

Warga, tidak dapat berpendapat kritis lantaran selalu dihapus oleh otoritas pemerintahan. Padahal, kata dia, kebebasan berpendapat itu dilindungi oleh hukum HAM Internasional dan konstitusi Indonesia.

"Tindakan kepolisian dan aparat negara lainnya yang berlebihan, termasuk mencari pembuatnya jelas mengancam hak atas kebebasan berekspresi dan berpendapat" kata Deputi Direktur AII, Wirya Adiwena kepada wartawan.

tag: #mural  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement