Oleh Aswan pada hari Selasa, 26 Okt 2021 - 20:45:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Alasan Kemenkes Tak Akan Beri Subsidi Biaya Tes PCR Untuk Masyarakat

tscom_news_photo_1635255910.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan tidak memiliki rencana untuk memberikan subsidi biaya tes PCR untuk masyarakat.

"Apakah akan disubsidi? Pemerintah tidak merencanakan ada subsidi, karena kalau kita lihat harganya apalagi jika diturunkan sudah cukup murah," ujar Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Selasa (25/10/2021).

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar biaya tes PCR diturunkan jadi Rp 300 ribu dalam 3x24 jam sejak instruksi dikeluarkan.

Budi memaparkan, harga tes PCR di Indonesia yang semula dipatok 900 ribu tergolong murah jika dibandingkan dengan harga tes PCR di bandara-bandara dunia.

"Jadi kalau misalnya diturunkan ke 300 ribu itu mungkin masuk 10 persen kuartal yang paling murah dibandingkan dengan harga PCR di airport-airport dunia," jelas mantan dirut Bank Mandiri ini.

Meski tak bisa menurunkan harga tes PCR seperti di India yang mencapai 160 ribuan untuk sekali tes PCR, Budi beralasan karena India telah memproduksi alat dan komponen tes PCR dalam negeri.

"Yang paling bawah memang India. India murah sekali 160 ribuan. Karena memang mereka juga punya produksinya di dalam negeri dan masyarakat mereka banyak untuk menggerakan ekonomi" imbuh Budi.

Ia pun menyinggung, instruksi Presiden Jokowi yang meminta harga tes PCR turun menjadi 300 ribu.

"Harga PCR kita yang ditentukan oleh pak presiden kemarin itu sudah 10 persen paling bawah, paling murah dengan harga tes PCR di seluruh dunia dan airport," tutur Menkes.

tag: #pcr  #covid-19  #kementerian-kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement