Oleh Aswan pada hari Minggu, 02 Jan 2022 - 12:41:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Indo Barometer: Jokowi Bakal Hadapi Tantangan Awal Pilpres 2024

tscom_news_photo_1641102065.jpeg
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai Presiden Jokowi bakal menghadapi tantangan awal proses Pilpres 2024 dan penanganan pandemi Covid-19.

"Saya sependapat dengan pernyataan Mahfud MD bahwa 2022 politik Indonesia tetap tenang walaupun kemungkinan pertengahan 2022 sudah ada tahapan pemilu. Tetapi, kan, sifatnya administratif belum pertarungan," kata Qodari kepada wartawan, Minggu (2/1/2022).

Pengamat politik itu juga melihat Presiden Jokowi mampu menjaga kesolidan partai koalisi.

Dia mencontohkan, pada 2021, Presiden Jokowi mampu meredam polemik mulai dari UU Pemilu hingga UU Cipta Kerja.

"Relatif semua dikelola, termasuk juga soal potensi reshuffle kabinet yang menurut saya bisa terjadi. Tinggal menunggu momentumnya nanti tanggal berapa," kata dia.

Qodari juga menyinggung guncangan politik yang bisa datang dari bawah, yakni masyarakat.

Sebagai contoh, masyarakat bisa memberontak apabila terjadi krisis ekonomi yang tidak bisa dikendalikan pemerintah seperti 1998.

Namun, Qodari melihat sampai saat ini pemerintah masih bisa mengontrol dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Tidak terjadi kelaparan atau kelangkaan barang yang sangat ekstrem. Bahkan, tren terakhir tingkat kepuasan masyarakat sangat tinggi, karena kasus juga Covid-19 tertangani dengan baik," jelas dia.

Qodari juga mengharapkan varian Omicron tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan begitu, pemerintah bisa fokus mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Jadi, itu tantangan terbesar presiden, jelas penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi. Dan ini dua hal berkaitan dengan yang lain," kata dia.

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...