Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 23 Feb 2022 - 19:56:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Ketegangan Eropa Timur, Hafisz Thohir Minta Indonesia Bersuara Agar Ukraina Tak Jadi Debu Radioaktif

tscom_news_photo_1645620971.jpg
Achmad Hafisz Thohir Anggota Komisi XI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP-DPR RI), Achmad Hafisz Thohir mengaku prihatin atas ketegangan yang terjadi di Eropa Timur antara Rusia dengan Ukraina.

Menurutnya, bila kedua negara mengambil langkah yang salah maka resiko perang tak terhindarkan.

"Mereka harus melakukan deeskalasi agar kemungkinan terburuk yakni perang terhindarkan. Keduanya harus menempuh saluran diplomatik yang memadai," kata Politikus PAN itu kepada wartawan, Rabu (23/02/2022).

Hafisz menambahkan, jika skenario terburuk yakni perang terjadi antara Rusia dengan Ukraina, maka keseimbangan global juga akan terdampak cukup serius.

"Ekonomi global utamanya akan terdampak. Jadi keduanya harus tetap mengedepankan perdamaian sebagai opsi relevan," harapnya.

Hafisz juga mendorong agar Indonesia berperan aktif dalam menyikapi persoalan tersebut.

"Indonesia perlu bersuara dan turun tangan memberikan saran kepada kedua negara. Ini belum terlambat, jangan sampai Rusia mengubah Ukraina jadi debu radioaktif. Ini mengerikan," lirih Anggota Komisi XI DPR RI itu.

Menurutnya, Indonesia punya modal cukup kuat untuk menjadi penengah di antara kedua Negara berseteru itu.

"Indonesia diterima keduanya. Kita tidak menginginkan pertumpahan darah terjadi antar kedua negara sahabat baik Indonesia tersebut. Indonesia merupakan sahabat baik kedua negara selama ini. Apalagi Indonesia menganut politik bebas dan aktif yang mengendepankan perdamaian," ujarnya.

Komitmen Indonesia untuk ikut serta menciptakan ketertiban dan kedamaian dunia, Hafisz menambahkan, menjadi point penting dalam memberikan masukan kepada kedua negara tersebut.

"Jelas dalam pembukaan UUD 45 , Indonesia memiliki spirit agar ikut serta dalam perdamaian dunia," pungkasnya.

tag: #rusia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...
Berita

Gerindra Sebut Ucapan Luhut Sebagai Masukan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Harian Gerindra Dasco menilai pesan Luhut sebagai saran untuk Prabowo. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada ...