Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 10 Mei 2023 - 20:13:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Yandri Susanto Minta Jaga Nama Baik Bangsa di Tanah Suci

tscom_news_photo_1683724410.jpg
Yandri Susanto (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto, S.Pt, menghadiri Bimbingan Manasik Haji untuk calon jamaah haji kota Serang di Gedung Serba Guna Masjid Raya Al Bantani Provinsi Banten, kota Serang, Banten, Rabu (10/5/2023). Dalam kesempatan itu Yandri menyampaikan pesan-pesan untuk 878 calon jamaah haji kota Serang.

"Yang paling utama adalah menjaga hati dan meluruskan niat dalam melaksanakan ibadah haji. Tidak boleh melaksanakan haji karena riya atau ingin dipuji orang lain," katanya.

Menurut Yandri, para calon jamaah haji akan menghadapi godaan syaitan yang ingin menggelincirkan niat beribadah haji. "Karena itu para calon jamaah haji agar lebih banyak zikir dan shalawat agar hati tetap terjaga," ujar Anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Selain meluruskan niat dan menjaga hati, Yandri juga berpesan kepada para calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan. Sebab, ibadah haji lebih banyak membutuhkan fisik.

"Wukuf di padang Arafah, thawaf mengelilingi Ka"bah, Sa"i dari Shafa ke Marwah memerlukan fisik yang baik. Wukuf, Thawaf, Sa" tidak bisa diwakilkan karena itu para calon jamaah haji harus sehat secara fisik," tutur anggota DPR dari Dapil Banten II meliputi Kabupaten dan Kota Serang, serta Kota Pandeglang.

Selain itu, Yandri pun berpesan kepada para calon jamaah haji untuk menjaga nama baik Indonesia di Tanah Suci. "Para calon jamaah haji harus menjaga kekompakan, jangan sampai terjadi keributan, atau perilaku-perilaku yang merugikan jamaah itu sendiri," imbuhnya.

Kalau ketiga hal itu bisa dijaga (meluruskan niat dan menjaga hati, menjaga kesehatan, dan menjaga nama baik bangsa), lanjut Yandri, para calon jamaah haji bisa mendapatkan haji mabrur. "Tapi kalau niat calon jamaah haji sudah melenceng, secara fisik tidak sehat, dan tidak menjaga kesetiakawanan sosial di antara para jamaah, pelaksanaan ibadah haji akan terganggu. Ketiganya merupakan kunci untuk mendapatkan haji mabrur," pungkasnya.

Bimbingan Manasik Haji bertema "Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia" untuk calon jamaah haji kota Serang tahun 1444 H/2023 M dihadiri Walikota Serang Dr. H. Syafrudin, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Dr. H. Nanang Fathurochman, Ketua MUI Kota Serang K.H. Hidayatullah HS, para petugas haji, dan para calon jamaah haji kota Serang.

tag: #mpr  #yandri-susanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement