Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Kamis, 02 Jul 2015 - 00:32:29 WIB
Bagikan Berita ini :
Kecelakaan Hercules C-130

Komnas HAM: Negara Jangan Biarkan Putra-putri Terbaik Bangsa Mati Satu per Satu

33maneger_nasution.jpg
Maneger Nasution (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komnas HAM Maneger Nasution, Rabu (1/7/2015), meninjau lokasi jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di Medan, Sumatera Utara.

Atas nama Komnas HAM, Maneger menyampaikan duka yang mendalam kepada anggota keluarga penumpang pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara yang jatuh di daerah pemukiman pada Selasa (30/6/2015).

Berdasarkan pantauan Komnas HAM di lokasi jatuhnya pesawat, sampai Rabu (1/7/2015) siang, jumlah korban tewas diperkirakan mencapai 113 orang. Dan menurut data TNI AU, ada 113 orang di dalam pesawat, termasuk 12 awak pesawat. Penumpang yang ada di pesawat adalah anggota keluarga personel TNI.

Komnas HAM mengapresiasi TNI yang tengah melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab jatuhnya Hercules. Komnas HAM merekomendasikan semua pesawat Hercules sejenis ini tak boleh terbang karena sudah tidak laik dan sudah terlalu tua.

"Negara wajib hukumnya menyediakan pesawat yang lebih baru dan canggih sesuai kebutuhan jaman," tegas Maneger melalui pesan elektronik kepada TeropongSenayan, Rabu (1/7/2015).

Maneger menambahkan, kalau negara masih membiarkan TNI terbang dengan pesawat yang sudah tidak layak itu, sama artinya negara membiarkan putra-putri terbaik bangsa mati satu persatu dengan sia-sia.

"Sekali lagi, negara tidak boleh melakukan pembiaran itu," pungkas Maneger. (mnx)

tag: #Kecelakaan Hercules C-130  #Komnas HAM  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement