Berita
Oleh untung ss pada hari Senin, 13 Jul 2015 - 13:19:12 WIB
Bagikan Berita ini :

BSN Akan Kaji SNI Pembalut Wanita Yang Mengandung Klorin

21pembalut.jpg
Sejumlah pembalut wanita yang dijual di satu pusat perbelanjaan (Sumber foto : Emka Abdulah)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Badan Standardisasi Nasional (BSN) berencana mengkaji ulang Standar Nasional Indonesia (SNI) pembalut wanita yang sudah berusia diatas 5 tahun.

“SNI yang sudah lebih lima tahun akan direview sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk melindungi konsumen, tenaga kerja dan keselamatan masyarakat,” kata Kepala BSN Bambang Prasetya.

Menurut Bambang SNI yang ditetapkan BSN terhadap pembalut wanita sejak tahun 2000. Berdasarkan kategori 16-6363-2000 itu, persyaratan yang diatur dalam standar ini adalah meliputi persyaratan bahan berupa kapas serap, kertas serap, katun serap rayon, katun olahan, karboksimetilselulosa, pulpa jonjot dan kasa.

Produksi harus bersih, tidak mengandung kotoran dan zat asing, tidak menyebabkan iritasi atau efek yang membahayakan. Selain itujuga tidak berbau, dan lembut.

Untuk warna putih, kecuali sebagai tanda/identitas pada sisi yang tidak bersentuhan tubuh. Selain itu, keasaman atau kebasaan, netral terhadap fenolftalein dan jingga metil dan tidak ada kontaminasi. Tidak mudah rembes, serta tidak mudah robek.

“Tapi dalam SNI tersebut memang belum dicantumkan kadar klorin pada pembalut wanita,” tambah Bambang.

Sebelumnya Yayasan Lembaga Konsumen merilis hasil penelitiannya terhadap sejumlah pembalut wanita yang mengandung klorin. Zat kimia pemutih ini punya dampak keputihan bahkan pemicu kanker. (ss)

tag: #pembalut wanita  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua MPR RI Bamsoet: MPR RI Periode 2019-2024 Tengah Siapkan Berbagai Legacy

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa MPR RI periode 2019-2024 sudah dan sedang mempersiapkan berbagai legacy ...
Berita

Data e-KTP Warga Jakarta Segera Berubah jadi DKJ

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Data e-KTP warga Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta akan segera berubah status menjadi warga Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ...