Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 18 Jul 2015 - 10:03:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Penjelasan Luhut Panjaitan Tentang Insiden Karubaga

97LUHUT PANJAITAN 1.jpg
Luhut Binsar Panjaitan, Kastaf Kepresidenan (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan angkat bicara tentang insiden Karubaga, Tolikara, Papua. Luhut mengatakan mushola terbakar akibat api yang berasal dari kios-kios disekitarnya.

"Mereka itu membakar kios-kios pendatang, yang kebetulan ada mushola di dekat situ (kios). Mushola hanya imbas. Saya ulangi tidak membakar mushola. Target utamanya bukan mushola, tapi kios-kios itu," ujar Luhut Panjaitan.

Baca juga :Sekelompok Massa Membakar Masjid di Papua Saat Salat Id Berlangsung

Luhut mengungkapkan hal itu saat menghadiri open house di kediaman Akbar Tandjung di jalan Purnawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jum,at (17/7/2015) malam. Luhut menekankan target pembakaran bukan mushola.

Hanya saja Luhut mengakui bahwa di daerah Karubaga, Tolikara, Papua, tempat terjadinya insiden mushola terbakar ada kelompok gereja yang menamakan GIDI. Kelompok gereja ekslusif ini sedang menggelar konggres di Karubaga.

Baca juga :Ini Surat Larangan Salat Idul Fitri Bagi Muslim di Tolikara

"Acara mereka itu kongresnya dibuka oleh Gubernur. Yang mau Salad Id di situ sudah diberitahu soal speaker, memang dekat dari gereja. Tiba-tiba ada orang gereja itu lempar batu atau apalah, kemudian dibalas sama orang ini," cerita Luhut.

Makanya demi pengamanan, lanjut Luhut, saat meredam kerusushan polisi sempat melakukan tembakan peringatan. Luhut mengatakan ada beberapa orang cedera namun sudah dievakuasi ke Jayapura.

Baca juga :Kasus Tolikara, Noda Pertama Buat Sutiyoso

"Bupati, Polda dan Kodam sudah menangani (kasus ini) dengan kekeluargaan. Besok (Sabtu,18/7/2015) ada upacara adat untuk menyelesaikan masalah itu untuk minta maaf-lah," kata Luhut Panjaitan.

Luhut yang juga dikenal orang dekat Presiden Jokowi ini menegaskan sudah ada mediasi dan situasi di tempat kejadian sudah terkendali. Dia berharap tidak ada provokasi yang bisa memanas-manasi suasana yang mulai meredam.(ris)

tag: #luhut  #kastaf kepresidenan  #tolikara  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...