Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 17 Jul 2015 - 13:33:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Sekelompok Massa Membakar Masjid di Papua Saat Salat Id Berlangsung

81MasjidDibakar.jpg
Kondisi masjid yang dibakar massa di kabupaten Tolikara, Papua, Jumat (17/7/2015) (Sumber foto : Istimewa)

TOLIKARA (TEROPONGSENAYAN) - Ketika umat Islam di belahan Indonesia lain hari ini, Jumat (17/7/2015) dapat melaksanakan salat Idul Fitri dengan aman dan tenang, lain halnya yang terjadi dengan muslim di Papua. Salah satu masjid di kabupaten Tolikara, Papua dibakar dan diserbu orang-orang distrik setempat ketika umat di sana sedang melakukan salat Idul Fitri.

Berdasarkan informasi yang berkembang, sekelompok massa dari Gereja Injil di Indonesia (GIDI) Tolikara Papua yang diduga melakukan pelemparan dan pembakaran masjid setempat, lantaran GIDI memiliki acara yang bertepatan dengan Idul Fitri, Jumat (17/07/2015). Massa dari distrik tiba-tiba melempari jamaah saat takbir ke-7, lalu masjid dibakar.

Baca juga :Kapolri Jamin Insiden Penyerangan di Karubaga Tidak Berkembang

Sehari sebelumnya, pihak GIDI mengirimkan surat agar umat muslim tidak menggelar takbiran dan melaksanakan salat Idul Fitri.

"Muslim dilarang salat Ied karena hari ini adalah harinya Yesus. Ada misionaris luar negeri juga disana untuk adakan acara GIDI hari ini," di antara bunyi larangan tersebut.

Informasi lain menyebutkan akibat peristiwa itu sebanyak 10 orang terkena luka bakar dan saat ini umat Islam diungsikan. Hingga berita ini dimuat, polisi dan TNI berjaga-jaga di sekitar lokasi kejadian. Petugas gabungan mengantisipasi kerusuhan berlanjut. Alasan pengrusakan dan pembakaran tersebut pun belum diketahui. Belum ada pula keterangan resmi dari aparat setempat.(yn/terkininews.com)

tag: #masjid dibakar  #papua  #salat id  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 03 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan ...
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...