Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 27 Okt 2015 - 10:12:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Diserang Embun Es, Warga Tiga Distrik Lanny Jaya, Papua Mengungsi

2820140410pemilu-noken (2)_1445915162837.jpg
Warga Lanny Jaya, Papua (Sumber foto : antaranews)

JAYAPURA (TEROPONGSENAYAN)--Bencana juga terjadi di pegunungan Lanny Jaya, Papua. Warga diserang embun es yang membuat kulit seperti terbakar dan luka sehingga harus menjauh atau mengungsi dari tempat tinggalnya.

Kepastian kejadian ini diungkapkan oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab. Dia mengatakan sekitar 800 warga di berbagai kampung dari Distrik Kuyawage, Distrik Wanobarat dan Distrik Goabaliem, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, mengungsi karena embun es.

"Bupati baru menghubungi saya dan meminta bantuan mobilisasi pengungsi," kata Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Selasa (27/10/2015).

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya juga sudah mengirimkan bantuan beras sejak dikabarkan terjadi embun es yang melanda tiga distrik tersebut. Bantuan bertujuan meringankan beban masyarakat.

Untuk itu, Kodam XVII/Cendrawasih melalui kodim 1702/Jayawijaya telah dan sedang membantu mobilisasi dan mendistribusikan bantuan makanan."Saya dalam waktu dekat juga akan mengunjungi kabupaten Lanny Jaya," katanya.

Dia menambahkan bahwa untuk sementara Distrik Kuyawage, Distrik Wanobarat dan Distrik Goabaliem dikosongkan sampai bencana hujan atau embun es asam tidak lagi melanda tiga distrik tersebut.

Sementara itu, informasi yang diterima, 800 warga itu terpaksa mengungsi dari kampungnya akibat embun es asam yang melanda. Mereka tidak tahan dengan serangan embun es asam yang membuat kulit terasa terbakar.

Bencana embun es asam sudah terjadi sekitar seminggu lamanya, yakni sejak 21 Oktober 2015, namun pada Minggu (25/10/2015) pagi yang paling parah.Ketika itu warga yang keluar dari honai (rumah adat) hendak beraktivitas terkena embun es sehingga mengakibatkan kulit terasa terbakar dan timbul luka.

Akibatnya, ratusan warga di tiga distrik itu mengungsi di beberapa wilayah antara lain Habema Kabupaten Jayawijaya, Distrik Malageneri Kabupaten Lanny Jaya, Distrik Ilaga dan Distrik Sinak Kabupaten Puncak serta ke beberapa distrik di Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Nduga.

Dilaporkan juga bahwa ada masyarakat yang tidak mampu berjalan dan pendeta atau guru jemaat diungsikan ke Tiom, ibu Kota Lanny Jaya dan Wamena ibu kota Kabupaten Jayawijaya dengan menggunakan pesawat MAF.(ris/ant)

tag: #lanny jaya  #papua  #embun es  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...