Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 12:14:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Ternyata Jumlah Titik Api Paling Banyak di Hutan Papua

1titik-api.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kawasan Sumatera dan Kalimantan disebutkan sebagai lokasi paling parah mengalami kebakaran hutan. Namun dari keterangan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan bahwa titik api paling banyak ada di hutan-hutan Papua.

"Titik api atau hotspot kebakaran hutan dan lahan kini justru meluas menjadi 2.742 titik. Papua, 744 hotspot, Sumatera Selatan 703 hotspot, Kalimantan Tengah 462 hotspot, Kalimantan Barat 290 hotspot dan Kalimantan Timur 153 hotspot," sebut Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Timur, Rabu (28/10/2015)..

Persebaran kebakaran hutan di Indonesia saat ini, kata Sutopo, memberikan imbas pengotoran udara secara massif. Jarak pandang di sebagian wilayah yang terkena dampak asap pun sangat pendek dan berbahaya.

"Jarak pandang di Padang mencapai 1.200 meter, di Palembang mencapai 1.000 meter dan di Jambi mencapai 700 meter. Tetapi jarak pandang di Ketapang hanya 300 meter, di Palangkaraya 100 meter, sementara di Pekanbaru hanya 50 meter," ungkapnya.

Seperti diketahui, hari ini, Rabu (28/10/2015) Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Panjaitan memimpin rapat koordinasi kementerian untuk menanggulangi persoalan asap. Pada acara tersebut hadir Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Nina F. Moeloek, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) dan unsur pimpinan dari Mabes Polri.(yn)

tag: #titik api  #papua  #kabut asap  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Minyak Kelapa Murni Bisa Rusak Sel Virus Corona? Ini Penjelasan Pakar dari Untan

Oleh Rihad
pada hari Saturday, 06 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni memiliki kandungan lipid yang dapat berinteraksi dengan lipid membran sel virus corona. "Sel bisa dirusak dengan ...
Berita

ABK Disiksa di Kapal China, Nekad Melompat dan Terapung 7 Jam

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anak buah kapal (ABK) asal Indonesia mengaku loncat ke laut karena tak tahan kerja penuh tekanan dan siksaan. Mereka nekad meloncat dari kapal tangkap ikan Lu Qing Yuan Yu ...