Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Minggu, 25 Okt 2015 - 06:09:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Hati-Hati, 420 Titik Api Terdeteksi di Papua

3titik-api.jpg
Ilustrasi titik api (Sumber foto : Istimewa)

JAYAPURA (TEROPONGSENAYAN) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura menyatakan bahwa menurut laporan satelit kini tercatat 420 titik api yang ada di Papua dan sebagian besar di Papua Selatan.

"Jumlah titik api di kawasan Papua Selatan memang makin banyak, bahkan hingga mencapai Kabupaten Boven Digul, yang sebelumnya tidak terpantau dari satelit," kata Kepala Subdit Pelayanan Jasa BMKG Wilayah V Jayapura Zem Padama di Jayapura, Sabtu (24/10/2015).

Ia mengatakan, meningkatnya titik api itu disebabkan musim kemarau yang berkepanjangan sebagai dampak El Nino sehingga mempercepat terjadinya kebakaran lahan.

Apalagi di kawasan itu banyak terdapat padang rumput yang saat ini kondisinya kering hingga mudah terbakar.

"Karena itu, masyarakat diharapkan tidak membakar lahan mengingat dampak yang ditimbulkan menyebabkan munculnya kabut asap, selain di wilayah itu sendiri juga di kawasan sekitarnya," imbau Zem.

Menurutnya, bertambahnya titik api dan angin yang bertiup dari timur hingga tenggara menyebabkan kabut asap menutupi kawasan Papua Selatan serta daerah sekitarnya seperti Timika.

Bahkan asap dilaporkan menyebar hingga ke Ambon, jelas Padama. Ia menambahkan bahwa kemarau di Papua Selatan diperkirakan berlangsung hingga minggu kedua bulan Desember.(yn/ant)

tag: #titik api  #kabut asap  #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bamseot Minta Pemerintah Daerah Lebih Tegas Mendorong Warga Patuhi Protokol Kesehatan  

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 07 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong semua pemerintah daerah (Pemda) bersikap lebih tegas dalam mendorong warga mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan di ruang ...
Berita

MAKI Sayangkan Harun Telah 'Meninggal', Hadiah iPhone 11 Pun Diborong Informan Nurhadi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Masyarakat Anti Korupsi Indonesia atau biasa dipanggil MAKI lega bisa memberikan hadiah iPhone 11 kepada empat informan yang telah berkontribusi mengungkap keberadaan ...