Berita
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 30 Jul 2015 - 23:48:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Kerjasama E-Government Indonesia-Singapura Hanya Untungkan Singapura?

99bendera-singapura-05.jpg
Presiden Jokowi bertemu PM Singapura (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYANl) - Indonesia dan Singapura menyepakati kerja sama dalam bidang "e-government" atau penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang berbasis teknologi.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) RI Yuddy Chrisnandi dan Minister for Communications and Information (Kementerian Komunikasi dan Informasi) Singapura Yacoob Ibrahim disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan PM Singapura Lee Hsien Loong di Singapura, Selasa.

MoU tersebut merupakan tonggak penting pada hubungan persahabatan kedua negara. Pemerintahan Indonesia dan Singapura saling menyadari manfaat dan pentingnya kerja sama antara kedua negara, khususnya yang berkaitan dengan reformasi birokrasi, salah satunya adalah e-government, ujar Menpan-RB Yuddy Chrisnandi .

Yuddy mengatakan kedua negara memiliki kesempatan berbagi pengetahuan untuk meningkatkan kerja sama praktis dalam bidang e-government dalam rangka perbaikan tata kelola pemerintahan.

"Saya yakin MoU ini akan berdampak besar pada peningkatan wawasan dan perspektif dalam membangun inovasi pemerintahan berbasis informasi dan teknologi. Nantinya akan mengarah pada perbaikan tata kelola pemerintahan dan suksesnya agenda reformasi birokrasi," ujar dia.

Penandatangan MoU ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri PANRB ke Singapura pada 25-27 Januari 2015. Sebagai informasi, e-government Singapura berdasarkan United Nations Survey 2014 adalah terbaik ketiga di dunia. Pemanfaatan e-government Singapura telah meningkatkan produktivitas dan mempercepat proses berbagai pelayanan publik.

Menteri Yuddy berharap, MoU ini tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga kesempatan besar untuk berbagi pengalaman dan isu-isu kebijakan dalam pengembangan e-government.

Sementara itu Presiden RI Jokowi menyatakan kerjasama ini diharapkan dapat mempermudah pelayanan publik terhadap investor Singapura.

Pada kesempatan tersebut, PM Singapura Lee Hsien Loong juga mengungkapkan kebahagiaannya dapat membangun kerja sama dengan Indonesia. Sebagai negara sahabat, berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam tata kelola pemerintahan, khususnya dalam pengembangan 'e-government' dinilai merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat.

Namun begitu, ada pula pihak-pihak yang meragukan kerjasama ini. Mereka menduga kerjasama ini lebih menguntungkan Singapura, bahkan Singapura nantinya dinilai akan mudah mencuri data-data negara milik Indonesia. (iy)

tag: #jokowi  #singapura  #e-government  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...