Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 14 Agu 2015 - 08:05:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Lima Aktor Penting Dibalik Reshuffle Kabinet

41IchsanuddinNoorsy1_tscom.jpg
Ichsanuddin Noorsy (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik dan ekonomi Ichsanuddin Noorsy mengaku heran dengan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hanya mencopot lima menterinya dan Sekretaris Kabinet.

Bahkan ia menduga, reshuffle yang dilakukan Jokowi Rabu (12/8/2015) kemarin penuh dengan syarat kompromi oleh orang-orang di sekitar Jokowi.

"Kenapa hanya lima kursi menteri dan satu selevel menteri. Saya menduga ini adalah kompromi optimal dari Megawati, Luhut B Panjaitan, Jusuf Kalla, Surya Paloh, dan Joko Widodo sendiri," kata Noorsy pada TeropongSenayan, Jum,at (14/8/2015).

Baca juga :Yasonna: Puan Tak Direshuffle Karena Kinerjanya Bagus

Dirinya mengatakan, Jokowi penuh tekanan oleh orang-orang dekatnya untuk melakukan perombakan kabinet. Alhasil, apa yang dilakukan Jokowi bukan keinginannya semata.

"Sulit dihindari berlangsungnya tekan menekan secara politik walau dilakukan dengan lembut. Masalahnya, apakah gesekan politik berbuah pergantian enam orang itu demi keluhuran kepentingan nasional? Ini pertanyaan sulit dijawab," ujar dia.

Keadaan ini, kata Noorsy bukan hal yang baru dalam politik di Indonesia. Panggung kekuasaan politik Indonesia sejak amandemen UUD 1945 pada 2001 selalu mempertontonkan perebutan kekuasaan yang mengabaikan kepentingan luhur bangsa dan negara.

"Itu tercermin pada parpol peserta pemilu, Pilpres atau pemilihan di tingkat I atau II. Atas nama kepentingan, mereka berkampanye, sebagaimana Joko Widodo berkampanye Trisakti," ungkapnya.(yn)

tag: #reshuffle  #menteri jokowi  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement