Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 24 Agu 2015 - 10:02:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Cerita Rizal Ramli Pernah Dibui di Era Orde Baru

18Rizal-Ramli-indra1.jpg
Rizal Ramli (kiri) saat menerima kunjungan Presiden Timor Leste ke-3 Xanana Gusmao di kediaman Menko Maritim di Jalan Bangka 9 Nomor 49, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2015). (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Kemritiman Rizal Ramli saat ini menjadi perbincangan dan sorotan publik. Pasalnya, Rizal berani melontarkan kritikan pedas terhadap sejumlah proyek vital pemerintah, padahal dia telah berada di dalam kabinet.

Tak hanya saat ini, gaya mantan Menteri Keuangan itu memang pribadi yang 'ceplas-ceplos' dan apa adanya dalam melontarkan kritikan. Bahkan, Rizal mengaku pernah dipenjara pada masa pemerintahan Orde Baru semasa jadi mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1978 lantaran ocehannya yang bikin kuping penguasa waktu itu panas.

"Kita sama-sama menjunjung demokrasi, karena sama-sama pernah di penjara," kata Rizal saat mengadakan pertemuan dengan Presiden Timor Leste ke-3 Xanana Gusmao di kediaman Menko Maritim di Jalan Bangka 9 Nomor 49, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2015).

Oleh sebab itu, Rizal mengaku memiliki kedekatan dengan Xanana. Rizal mengatakan, kedekatan itu salah satunya mempunyai nasib pernah menjadi tahanan politik masa orde baru.

Saat itu, dia mengikuti demonstrasi menentang kebijakan pemerintah orde baru. Dia ditahan bersama mahasiswa Timor Leste karena melawan Presiden Soeharto yang dianggap Rizal kebijakannya telah melenceng dari cita-cita berbangsa dan bernegara.

Menurut Rizal, rezim orde baru sering menggunakan senjata untuk meredam gerakan mahasiswa. Selain itu, mereka juga membredel sejumlah koran yang memberitakan gerakan mahasiswa.

Akibatnya aksinya itu, Rizal mengatakan bahwa kampusnya ITB diduduki hampir tiga bulan oleh tentara. Dia pun ditangkap kemudian dipenjara militer selama empat bulan serta dibui di Lapas Sukamiskin selama satu tahun.

"Saya dipenjara zaman Soeharto di Rutan Sukamiskin," kisahnya.(yn)

tag: #rizal ramli  #orde baru  #xanana gusmao  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Wacana Pembentukan Presidential Club, Barikade 98 Sebut Hanya Gimmick PolitikĀ 

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 08 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pembentukan Presidential Club yang diusulkan Prabowo Subianto dianggap hanya sebagai gimmick politik. Bahkan menjadi bentuk ketidakpercayaan diri sang presiden terpilih ...
Berita

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali ...