Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Kamis, 27 Agu 2015 - 13:22:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Dipimpin Din dan Ma'ruf Amin, MUI Bakal Disegani

11Din-Syamsuddin.JPG
Din Syamsudin (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Din Syamsuddin dan KH. Ma'ruf Amin dipercaya memimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa khidmat 2015-2020. Din sebagai ketua Dewan Pertimbangan sedangkan Ma'ruf Amin sebagai ketua umum Pengurus Harian.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Agung Suprio menilai kepemimpinan Din Syamsuddin dan Ma'ruf Amin akan menjadikan MUI sangat kuat dan disegani.

"Sebab ketuanya merupakan petinggi ormas Islam terbesar di Indonesia," ujar Agung kepada TeropongSenayan di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Sebagaimana diketahui, Din Syamsuddin baru saja melepaskan jabatan ketua umum PP Muhammadiyah selama dua periode. Dia sebelumnya menjabat ketua umum MUI Pusat. Din dikenal sebagai intelektual dan ulama yang reputasinya mendunia.
Sedangkan Ma'ruf Amin saat ini menjabat Rais Aam PBNU. Muhammadiyah dan NU adalah dua ormas Islam terbesar di Indonesia.

Agung mengatakan, Din dan Ma'ruf Amin berpeluang mengembangkan Islam Nusantara dan Islam berkemajuan di Tanah Air.

"Dengan modal itu, kita berharap agar MUI mampu menciptakan tafsir Islam atas realitas kekinian atau fatwa yang progresif. Misalnya, fatwa MUI atas krisis, fatwa MUI atas mafia, dan fatwa MUI atas koruptor," papar Agung.

Dengan fungsi dan peran MUI yang demikian, tambah Agung. umat Islam Indonesia punya panduan menghadapi problem nyata kekinian.(yn)

tag: #din syamsuddin  #maruf amin  #mui  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...