Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 01 Sep 2015 - 14:36:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Effendi Simbolon: Proyek Kereta Cepat Jadi Rebutan Rini Soemarno dan JK

72Effendi-Simbolon.JPG
Effendi Simbolon (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon menuding proyek kereta cepat (High Speed Train/HST) Jakarta-Bandung tidak hanya menjadi perebutan Tiongkok dan Jepang, namun jadi rebutan antara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Ini untuk apa (kereta cepat) ini kan hanya menjadi rebutan rentenir-rentenir, seperti Rini Soemarno di posisi Tiongkok dan JK di Jepang," kata Effendi kepada TeropongSenayan, Selasa (1/9/2015).

Effendi pun mempertanyakan alasan dibangunnya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Dia tidak melihat urgensi terkait proyek tersebut. (Baca juga: Biayanya Pakai Dolar, Emil Salim Kritik Proyek Kereta Cepat)

"Itu juga harus transparan, apa sih motivasinya di belakang proyek ini, untuk apa? ekonomis seperti apa? cuma Jakarta-Bandung, kan sudah ada jalan tol ada kereta api, kalau untuk Jakarta ke Surabaya tiga jam itu boleh lah," ucapnya.

Walaupun pembangunan proyek kereta cepat ini tidak memakai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), namun dia menegaskan pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab.

"Tidak memakai uang APBN, tapi yang endorse siapa kan pemerintah. Semuanya juga proyek swasta tapi yang jamin siapa kalau bukan pemerintah," terang Effendi.

Politisi PDIP yang kerap mengkritik pemerintahan itu juga menuding sejumlah proyek ambisius di pemerintahan seperti kereta cepat ini diduga untuk mengembalikan uang kampanye.

"Jangan-jangan untuk mengembalikan biaya-biaya kampanye dan ini bisa terjadi karena sangat ambisius sekali tidak sesuai skala prioritas," tandasnya.(yn)

tag: #proyek kereta cepat  #rini soemarno  #jk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...