Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 02 Sep 2015 - 20:47:46 WIB
Bagikan Berita ini :

PAN Gabung ke Pemerintah, PKS: Lucu Aja

41MahfudSiddiq-tscom.jpg
Mahfudz Siddiq (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Perubahan sikap dan afiliasi politik PAN dengan meninggalkan Koalisi Merah Putih (KMP) dan bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH) memantik berbagai pandangan.

PKS yang sempat menjadi kawan koalisinya di KMP mengibaratkan partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu seperti seorang kopilot yang lompat dari pesawat yang sedang terbang.

"Kalau pesawat, khan pilot-nya (Partai) Gerindra. Kopilot-nya adalah PAN. Yang lain sebetulnya penumpangnya jadi kalau ada kopilot loncat dari pesawat, jangan tiba-tiba. Sampai hari ini KMP belum ada perubahan sikap apa-apa, yang jadi acuan sikap. KMP ibarat pesawat, Lucu aja pesawat lagi anteng, kok tiba-tiba ada kopilot loncat," ujar Politisi PKS yang juga Ketua Komisi I DPR, Mahfud Shidiq di Jakarta, Selasa (2/9/2015).

Dijelaskan Mahfud, memang di KMP tidak ada perjanjian tertulis terkait komitmen dan jenjang waktu koalisi antar partai-partai yang bergabung. Hanya saja, ia mengatakan bahwa Parpol yang tergabung saat itu diikat oleh komitmen untuk memenangkan Capres pasangan Prabowo-Hatta Rajasa dari PAN sendiri.

Ia mempertanyakan PAN sebagai partai pengusung Capres, malah membelot dari KMP.

"Jadi KMP dibentuk berdasarkan dukungan terhadap capres-cawapres dan capres-cawapres yang kita dukung ini dari Gerindra dan PAN. Artinya begini, kalau saya ibaratkan KMP gerbongnya, lokomotifnya siapa," ujarnya.

Mahfud mengaku, sejauh ini belum ada pembahasan lanjutan mengenai posisi KMP terhadap pemerintah. Baginya, KMP tetap dipahami sebagai kekuatan politik oposisi tehadap pemerintah.

"Bahkan ketika sebelum reshufle kemaren Prabowo sudah beri pernyataan bahwa KMP tetap di luar pemerintahan dan diamini oleh semua anggota KMP, jadi kalau sekarang ada tanda-tanda perubahan sikap dari anggota KMP menurut saya etika politknya harus disampaikan dalam forum koalisi, karena selama ini semua urusan perkara koalisi selalu dibicarakan sama-sama," jelasnya.(yn)

tag: #pan gabung  #kmp  #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bamsoet Dorong Peran Swasta Dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 12 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung kemajuan peran swasta dalam industri pertahanan dan keamanan nasional untuk menjadi mitra ...
Berita

Anggota Tim Ahli Wantimpres Prof Henry Indraguna: Peringatan Jenderal Luhut Soal Orang Toxic, Karena Cintai NKRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politisi Partai Golkar asal Jateng Prof Dr Henry Indraguna, SH mengamini pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar ...