Berita
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 17 Sep 2015 - 10:54:38 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR akan Gelar Rapat Pleno Terkait Calon Dubes

48tantowi-yahya.jpg
Tantowi Yahya (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya mengatakan pihaknya berencana akan mengelar rapat pleno untuk membahas keputusan akhir mengenai calon duta besar Indonesia untuk negara sahabat, pada hari Kamis (17/9/2015) ini.

"Seluruh fraksi akan memberikan penilaian yang menjadi rekomendasi terhadap para calon dubes," katanya.

Ia menjelaskan Komisi I DPR RI sesuai UU hanya memberikan penilaian terhadap calon dubes dan menjadi rekomendasi yang akan disampaikan ke Pimpinan DPR lalu diberikan ke Presiden. Menurutnya setelah itu semua keputusan ada di Presiden, apakah calon yang dinilai Komisi I DPR tidak layak akan tetap dimajukan atau diganti.

"100 persen semua ada di Presiden, apakah orang yang kami nilai tidak layak (menjadi dubes) akan tetap didorong atau diganti," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan muara dari hasil uji kelayakan, Komisi I DPR menilai layak, layak dengan catatan, atau tidak layak. Tantowi menjelaskan kalau dinilai layak dengan catatan, misalnya yang bersangkutan sebaiknya ditempatkan di negara lain bukan di negara yang telah ditentukan.

"Kami memiliki kewenangan itu, misalnya 'over qualified' atau 'under qualified'. Dan apabila kami nilai tidak layak, maka tidak cocok," katanya lagi.

Tantowi mencontohkan Komisi I DPR RI pernah menolak 11 calon dubes namun tetap diberangkatkan oleh Presiden dan ternyata yang bersangkutan tidak performe. Ia berharap calon dubes yang ditempatkan itu bisa merepresentasikan negara dan Presiden RI, serta berposisi sebagai pemasaran bagi Indonesia.

"Tugas mereka (dubes) sebagai pemasaran dan pembela kepentingan WNI dan sebagai penjaga silaturahmi Indonesia dengan negara tersebut," ujarnya.

Tantowi sempat menyinggung hasil uji kelayakan dan kepatutan selama tiga hari, para calon ada yang menunjukkan kualitasnya baik, ada yang biasa saja, dan ada yang dibawah ekspektasi Komisi I DPR RI.

Sebelumnya, Komisi I DPR RI melakukan Uji Kepatutan dan Kelayakan 33 calon Duta Besar LBBP RI untuk negara-n

tag: #komisi i dpr  #dubes ri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement