Berita

Komisi I DPR: Jokowi Harus Angkat Isu Kedaulatan Papua dalam Pidato Kenegaraannya

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 13 Agu 2015 - 10:39:38 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

88medium_88jokowi-indra.jpg

Jokowi (Sumber foto : Indra/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Jelang pidato Kepresidenan, banyak pihak yang mulai berspekulasi mengenai isu apa yang akan dibahas Presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya dihadapan seluruh rakyat Indonesia.

Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha misalnya, menekankan agar isu utama yang harus diangkat Jokowi adalah mengenai masalah kedaulatan negara di kawasan timur Indonesia, khususnya Papua.

“Saya berharap Jokowi mengangkat isu sensitif seperti Papua. Saya berharap dia bicara pertahanan negara dan membuat pangkalan militer di Papua,” katanya di DPR RI, Nusantara III, Jakarta, Kamis (13/08/2015).

Lebih lanjut Tamliha mengatakan bahwa Sumber Daya Alam (SDA) melimpah yang dimiliki tanah Papua sudah semestinya di-reserve dari tangan asing, sekaligus memaksimalkan tenaga TNI yang banyak berpusat di Pulau Jawa.

“SDA di Papua itu lebih baik pelihara. daripada menempatkan tentara yang di pulau Jawa yang miskin SDAnya, akibatnya tentara kita banyak yang gemuk, lebih baik ditugaskan ke Papua," tandasnya.

Adapun isu penting lainnya seperti kerjasama Indonesia – Palestina, HAM, pangan, subsidi BBM serta masalah kekeringan sekiranya menjadi sorotan pemerintah yang perlu sesegera mungkin untuk dipetakan jalan keluarnya. (iy)

tag: #jokowi  #papua  #kedaulatan nkri  #komisi I DPR  

Bagikan Berita ini :