Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 24 Sep 2015 - 12:54:48 WIB
Bagikan Berita ini :

KMI: Indonesia Belum Siap Hadapi MEA

5edi_humaidi.jpg
Edi Humaidi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah di depan mata. Untuk dapat unggul dengan negara ASEAN lainnya, diperlukan satu regulasi atau sistem perundang-undangan yang solid guna menghadapi pasar bebas ASEAN tersebut. Namun apakah betul Indonesia benar-benar siap dalam hal itu?

Ketua Umum Kaukus Muda Indonesia (KMI), Edi Humaidi, mengakui bahwa Indonesia saat ini belum bisa dikatakan siap untuk bersaing dengan negara lain di ASEAN. Terlebih dikarenakan faktor SDM lokal yang belum mampu head to head dengan pekerja asing yang memiliki daya jual yang lebih tinggi.

"Harus diakui menghadapi MEA ini sebenarnya kita gak siap. Karenanya SDM orang Indonesia itu sendiri. Begitu bebas nanti, orang-orang asing itu masuk ke Indonesia, ketika tidak siap yang terjadi penduduk Indonesia akan menjadi budak di negerinya sendiri," ujar Edi Humaidi usai Seminar bertema "Perbankan Indonesia Menjelang MEA: Ditengah Pembahasan RUU Perbankan" di Jakarta, Rabu (23/09/2015).

Karenanya, lanjut Edi Humaidi, agar tidak dijajah di negeri sendiri nantinya, selain dari sisi perbankannya, penguatan SDM harus dapat dilakukan pemerintah disisa waktu yang ada, "Jadi kuncinya adalah penguatan SDM untuk menghadapi para pekerja dari luar," tambahnya. (mnx)

tag: #MEA 2015  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Perkuat Cybersecurity Indonesia, Telkom bersama F5, Kokohkan Kemitraan Strategis

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjawab kebutuhan terhadap layanan keamanan digital yang terus meningkat di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama strategis dengan F5, ...
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...