Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 30 Sep 2015 - 15:56:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Harus Desak Pemerintah Arab Saudi Buka CCTV di Mina

87mina-tregedy.jpg
Tragedi Mina (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi VIII DPR Khatibul Umam mendesak pemerintah Indonesia untuk meminta pemerintah Arab Saudi bersikap transparan dalam proses investigasi sebab akibat dari tragedi Mina.

"Terkait dengan tragedi di Mina, pemerintah harus secara tegas menuntut pemerintah Arab Saudi untuk membuka CCTV yang ditempatkan di Mina. Dengan membuka CCTV di Mina tersebut, diharapkan diketahui pasti penyebab yang sebenarnya atas tragedi tersebut secara otentik," ungkap Khatibul Umam kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/9/2015).‬

Khatibul mengungkapkan, sudah seharusnya Indonesia melakukan langkah diplomasi dengan pemerintah Arab Saudi berkaitan dengan bantuan tim khusus untuk mengidentifikasi jenazah korban tragedi crane dan Mina.

"Sehingga bisa menjadi rujukan data pasti, berapa banyak korban tragedi robohnya crane dan Mina secara up to date berapa jumlah korban meninggal, luka, dan hilang dengan disertai nama-namanya," lanjutnya.‬

Ia juga mendesak agar pemerintah RI mempelopori pembentukan forum internasional dengan negara-negara Islam sebagai wadah melakukan evaluasi dan sejumlah perbaikan penyelenggaraan ibadah haji.

"Baik masalah yang lahir dari masing-masing negara pengirim jamaah haji, juga terutama mencari solusi terhadap masalah ketidakmampuan pemerintah KSA dlm penyelenggara haji," jelasnya.‬(yn)

tag: #tragedi mina  #mina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement