Berita
Oleh Aris Eko pada hari Kamis, 01 Okt 2015 - 09:56:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Awas, Para Jenderal dan Aktivis Ingatkan NKRI Hancur Tanpa Ideologi

62IMG-20150930-WA0001_1443667177251.jpg
Sejumlah Mantan Perwira Tinggi TNI AD dan Aktivis Diskusi 'Curah Pendapat Sokoguru Konstitusi' Rabu malam (30/9/2015) di kantor PPAD, Jakarta. (Sumber foto : Ariady Achmad/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Inilah penilaian para purnawirawan Jenderal TNI AD dan kalangan aktivis. Saat ini Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dinilai nyaris tanpa ideologi. Sebab, Pancasila semakin dicampakkan.

Jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan membuat NKRI hancur dan terkubur. Inilah penilaian yang mencuat dalam diskusi 'Curah Pendapat Sokoguru Konstitusi' Rabu malam (30/9/2015) di kantor PPAD, Jakarta.

"Negara tanpa ideologi pasti hancur !" ujar Jenderal (Purn) TNI AD Djoko Santoso dalam diskusi itu. Ideologi yang dimaksud, menurut Djoko adalah yang digunakan sebagai dasar falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut penilaian mereka, para pemimpin negara, politisi dan elit pemerintahan kini lebih banyak menjadikan Pancasila sebagai 'pemanis mulut'. Artinya tidak sungguh-sungguh menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara.

Indikasinya, menurut mereka, berbagai kebijakan dan program pemerintah dan penguasa lebih mencerminkan pelaksanaan ideologi liberal dan kapitalis. Bahkan mereka menilai NKRI kini sudah dicengekeram kapitalis dan liberalis.

Inilah yang amat mengkhawatirkan. "Negara ini dalam situasi krisis, namun para penguasa hampir semua tidak perduli," ujar Mayjend (Purn) TNI AD Prijanto. Dia menilai ini akibat penguasa sudah menjadi kaki tangan pemilik modal.

Selain Jenderal (Purn) TND Djoko Santoso yang juga mantan Panglima TNI dan Mayjend (Purn) Prijanto, diskusi juga dihadiri juga kalangan aktivis seperti Ariady Achmad, Bambang Wiwoho, Bursah Zarnubi.

Hadir pula M Yasin Kora, Iwan PIliang, Muchtar Effendi Harahap, B Soemarno, Syahganda Nainggolan, Edwin Soekowati, Heppy Trenggono, Djoko Edhi SA, M Hatta Taliwang, Has Cahyo, Iskandarsyah Siregar dsbnya.(ris)

tag: #ideologi  #pancasila  #nkri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Mendadak, Caleg PKB Cabut Gugatan di MK

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat kaget dengan keputusan Caleg PKB yang mencabut permohonan perkara Pileg 2024 DPRD Aceh. Permohonan Caleg PKB ini berkaitan ...
Berita

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung ...